1.8 Juta Dosis Vaksin Sinovac Telah Tiba di Indonesia

Kedatangan vaksin Covid-19 Sinovac Gelombang kedua di Bandara Soetta, Kamis (31/12/2020). Foto: detik.com
Bagikan:

Jakarta – Sebanyak 1,8 juta dosis vaksin Covid-19 Sinovac telah tiba di Indonesia, Kamis (31/12/2020) pukul 11.57 WIB.

Vaksin buatan perusahaan farmasi Sinovac Biotech, China, ini diangkut dengan Pesawat Garuda Indonesia dan mendarat di Terminal Kargo Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten.

Dengan datangnya pengiriman vaksin gelombang dua ini, maka ada 3 juta dosis vaksin Sinovac yang sudah ada di Indonesia.

Kedatangan vaksin ini bahkan dipantau langsung oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

Meskipun hujan deras mengguyur, keduanya tetap fokus memantau mulai dari proses kedatangan hingga vaksin siap dikirim ke tempat penyimpanan.

Setibanya di Bandara Soetta, vaksin tersebut diturunkan satu per satu dari bagasi pesawat kemudian ditempatkan di dalam kontainer. Setelah diturunkan masing-masing boks disemprot desinfektan. Tampak sejumlah petugas bergegas menjaga proses pemindahan vaksin tersebut.

Sama seperti tahap pertama, usai kegiatan bongkar muat, 1,8 juta dosis vaksin langsung diberangkatkan ke laboratorium PT Bio Farma (Persero) di Bandung, Jawa Barat, untuk diamankan sementara. Vaksin tersebut diperkirakan tiba pada pukul 20.00 WIB.

Secara teknis pengemasan untuk keberangkatan, tidak ada perubahaan. Vaksin diamankan dengan envirotainer yang diangkut menggunakan truk. Di dalam truk pun tersedia cool room dengan suhu 2-8 derajat celcius.

Sesampainya di lokasi penyimpanan, vaksin kemudian dipindahkan dari envirotainer untuk disimpan di cool room dengan suhu 2-8 derajat celcius. Ruangan tersebut telah disterilisasi dan disiapkan khusus untuk menyimpan vaksin Covid-19. Baik selama pengiriman, penyimpanan, hingga pendistribusian sampai ke Puskesmas, vaksin tetap disimpan di suhu 2-8 derajat celcius. (Zak/IJS)

Bagikan:
BACA JUGA :  Efektivitas Penggunaan Masker Dobel, Ini Kata Ketua Satgas IDI

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *