5 Kepala Daerah Paling Viral, Ridwan Kamil dan Anies Adu Kuat

Bagikan:

Isu  seputar kegiatan kepala daerah selalu menarik untuk diberitakan media massa. Berdasarkan analisis mesin big data, Sciograf Indonesia (21/12/20), terdapat lima  gubernur paling banyak diberitakan seminggu terakhir ini dari tanggal (14 hingga 21 Des). Mereka  adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 1.265 kali pemberitaan, disusul Ridwan Kamil sekitar 1.100 kali,  lalu diurutan ketiga ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 425 pemberitaan. Sedangkan di urutan empat dan lima terdapat Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X dengan masing-masing 374 dan 79 berita.

Namun demikian ada hal yang menarik di sini.  Kendati  Anies berada di posisi pertama dalam jumlah pemberitaan,  tetapi dalam hal reaksi dan engagement,  justru  Ridwan Kamil berada di urutan teratas. Gubernur yang akrab dipanggil Emil tersebut memperoleh reaksi 4.339, sementara Anies hanya 2.029 reaksi. Dalam hal engagement Emil mendapatkan 6.169 sementara Anies mendapatkan 2.910 engagement. 

Puncak kenaikan popularitas Emil  terjadi antara tanggal 15-18 Desember.  Seperti diketahui, pada platform media sosial,  reaksi tediri atas enam macam emoji, sedangkan engagement adalah gabungan like, comment dan share.

BACA JUGA :  Polri Alat Negara, Bukan Alat Kekuasaan

Setelah diamati lebih jauh, ternyata terdapat sebuah  pemberitaan tentang Ridwan Kamil yang menyita perhatian publik dan  menjadi viral di media sosial.  Media massa minggu lalu, sangat banyak yang  memberitakan silang pendapat soal penjemputan Habib Riziek Shihab (HRS) di Bandara Soekarno Hatta.

Emil saat itu meminta Mahfud MD turut bertanggung jawab,  lantaran mengizinkan pimpinan Front Pembela Islam itu pulang ke tanah air dan dijemput pendukungnya. Seperti pernyataannya ke media saat usai menjalani pemeriksaan di Mapolda Jawa Barat berikut ini ,  “Izinkan saya beropini secara pribadi terhadap rentetan acara hari ini. Pertama, menurut saya, semua kekisruhan yang berlarut-larut ini dimulai sejak adanya statement dari pak Mahfud, dimana penjemputan diizinkan”.

Mahfud pun tak tinggal diam, Menkopulhukam tersebut menjawab Pernyataan Emil melalui cuitan di akun twitternya.  “Siap, Kang RK. Saya bertanggungjawab. Saya yang umumkan HRS diizinkan pulang ke Indonesia karena dia punya hak hukum utk pulang. Saya jg yang mengumumkan HRS blh dijemput asal tertib dan tak melanggar protokol kesehatan. Saya jg yg minta HRS diantar sampai ke Petamburan.” (16/12).

BACA JUGA :  Perampok yang Sekap Bu Guru di Kudus Ditangkap!

Cuitan ini  sangat ramai ditanggapi oleh natizen. Tidak sampai disitu saja,  Emil pun menanggapi balik  Menkopolhukam tersebut lewat cuitannya. “Siap pak Mahfud. Pusat daerah hrs sama2 memikul tanggung jawab. Mengapa kerumunan di Bandara yg sgt masif & merugikan kesehatan/ekonomi, tidak ada pemeriksaan sprt halnya kami berkali-kali. Mengapa kepala daerah terus yg hrs dimintai bertanggung jawab. Mhn maaf jika tdk berkenan,” (16/12). Cuit Emil melalui akun @mohmahfudmd.

Kelihatannya, aksi berbalas statement inilah yang memicu reaksi dari publik di media sosial dan menjadikan pemberitaan Emil menjadi viral. Sementara Anies masih  lebih banyak diberitakan sedang terpapar Covid-19. Hal ini memperlihatkan, popularitas Ridwan Kamil seminggu terakhir berhasil mengalahkan Anies  dan  kepala daerah lainnya. (ilp/ijs)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar