Ahmad Bastian Minta Warga Tak Takut Divaksin Corona, Ingatkan Sudah Dapat Izin BPOM

Bagikan:

JAKARTA– Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama di Indonesia yang mendapat suntikan vaksin Corona. Anggota Komite I DPD RI Ahmad Bastian SY mengingatkan kepada warga untuk mendukung pelaksanaan proses vaksinasi ini, karena ada sanksi pidana bagi yang menghalangi.

“Saya secara pribadi memberi apresiasi kepada Presiden Jokowi yang hari ini membuka momen vaksinasi untuk memutus rantai penularan virus Corona,” ujar Ahmad Bastian, Rabu (13/1/2021).

Jokowi disuntik vaksin Sinovac di Istana Merdeka bersama sejumlah perwakilan komunitas warga. Ada perwakilan dari generasi milenial, perwakilan dari bidang kesehatan, perwakilan agama, perwakilan pedagang pasar, perwakilan pengusaha, perwakilan buruh, perwakilan guru, dan dari perwakilan tenaga kesehatan. Bastian sendiri sudah menandatangani surat pernyataan kesediaan disuntik vaksin.

“Kewajiban setiap warga negara untuk mendukung program pemerintah. Saya sendiri siap untuk menerima vaksin Corona. Pejabat negara berkebawajiban untuk divaksinisasi,” ucapnya.

Bastian mengimbau masyarakat untuk tidak takut menerima vaksin Corona. Untuk diketahui, vaksin Sinovac sudah mendapat izin penggunaan darurat emergency use authorization dari BPOM dan MUI juga telah mengeluarkan fatwa halal.

“MUI sudah menyatakan vaksin Sinovac aman dan halal untuk digunakan. Vaksin Sinovac juga telah mendapat izin dari BPOM. Bahkan Kepala BPOM Ibu Penny Kusumastuti jadi salah satu rombongan pertama penerima vaksin bersama Presiden Jokowi pagi tadi,” kata Bastian.

“Jadi masyarakat, khususnya umat Muslim jangan khawatir disuntikkan vaksin Sinovac karena sudah dipastikan aman dan halal,” sambungnya.

Bastian mengingatkan pentingnya vaksinasi agar tercapai herd immunity atau kekebalan komunal yang bisa menghentikan pandemi Corona. Tentunya ini sangat membantu bagi kelompok masyarakat dengan kategori rentan.

“Semua masyarakat harus disuntik vaksin karena merupakan hak setiap warga mendapat pelayanan kesehatan dari pemerintah. Kalau pun setelah divaksin ada efek samping tetapi semua dapat dipastikan aman,” ujar Bastian.

BACA JUGA :  Jokowi Minta Ada Standarisasi Masker Covid-19, Bagaimana Bentuknya?

Anggota Komite I DPD RI yang membidangi hukum ini pun meminta masyarakat tidak menolak pemberian vaksin. Bastian mengingatkan vaksin Corona bersifat wajib.

“Ada sanksi pidana bagi masyarakat yang tak mau disuntik Corona. Hal ini tertuang pada UU No 6 Tahun 2018 soal Kekarantinaan Kesehatan. Dalam pasal 93 disebutkan setiap orang yang tidak penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan atau menghalangi penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan bisa dipidana dengan penjara paling lama satu tahun atau denda maksimal Rp 100 juta,” paparnya.

Bastian juga mengajak masyarakat untuk memilah informasi terkait vaksinasi Corona. Ia meminta agar masyarakat tidak mudah termakan hoax sehingga proses vaksinasi Corona bisa berjalan dengan lancar.

“Saya meminta masyarakat agar tertib dan tenang serta bersiap untuk divaksin. Kan sudah dicontohkan Pak presiden. Beliau sudah disuntik vaksin, jadi kita harus percaya kepada pemerintah. Jadi jangan ragu menerima vaksin, jangan juga gampang termakan hoax,” ungkap Bastian.

Saat ini, vaksin akan diprioritaskan kepada tenaga kesehatan. Meski begitu, masyarakat diminta tidak usah khawatir karena pada akhirnya semua akan mendapat giliran.

“Semua pasti akan kebagian pada waktunya. Masyarakat bersabar saja dan percayakan teknisnya kepada pemerintah,” ucap Bastian.

Kepada para tokoh nasional, senator asal Lampung itu juga berharap untuk bijaksana saat mengeluarkan statement terkait vaksinasi Coronna. Bastian mengatakan, ucapan yang kontroversial bisa menjadi provokasi dan menimbulkan keresahan di masyarakat.

“Pernyataan yang kontroversial bisa membuat masyarakat jadi gelisah dan berdampak pada ketertiban umum. Tentunya tidak kita inginkan hal tersebut terjadi. Semua tokoh nasional, pejabat harus memberi dukungan terhadap pemerintah,” tegasnya.

Bastian berharap agar seluruh pihak bersatu padu agar proses vaksinasi di seluruh Indonesia berjalan dengan baik.

BACA JUGA :  Belasan Ribu Orang Tandatangani Petisi Dukung Din Syamsuddin

“Program vaksinasi akan sangat membantu kita keluar dari pandemi. Semua pihak harus bergandengan tangan,” tutup Bastian. (ijs/elz).

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *