Ahmad Bastian Pertanyakan Keterlambatan Distribusi Vaksin di Lampung

Bagikan:

Bandar Lampung– Penyaluran vaksin Covid-19 di Kabupaten Lampung Utara mengalami keterlambatan. Anggota DPD RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Lampung, Ahmad Bastian SY menyebut keterlambatan itu bisa berdampak pada program vaksinasi nasional.

“Di berbagai daerah lain, vaksinasi Covid-19 sudah mulai sejak kemarin. Tapi vaksinasi di Lampung Utara malah belum bisa dipastikan kapan pelaksanaannya karena barang belum sampai,” ungkap Ahmad Bastian, Jumat (15/1/2021).

Padahal, Provinsi Lampung sudah menerima stok awal vaksin sejak 4 Januari lalu sebanyak 40.520 vial. Bastian pun mempertanyakan proses distribusi yang dilakukan Pemprov Lampung.

“Bagaimana kesiapan Pemprov dalam program vaksinasi Covid ini sampai masih ada daerah yang belum bisa melaksanakan vaksinasi karena vaksinnya belum datang,” tukasnya.

Sedianya, Lampung Utara akan memulai program vaksinasi Corona pada Kamis (14/1). Namun Dinkes Lampung Utara belum bisa memastikan kapan program vaksinasi dimulai karena belum menerima vaksin Sinovac.

“Entah bagaimana proses distribusi vaksin di Lampung sampai ada keterlambatan seperti ini. Saya meminta Pemprov Lampung untuk segera menyelesaikan penyaluran vaksin Covid ke kabupaten/kota yang berada di wilayah administrasinya,” terang Bastian.

Pemkab Lampung Utara juga mengungkap pihaknya masih harus memberikan pelatihan kepada para petugas pemberi vaksin. Bastian mengingatkan agar penundaan vaksinasi tidak terlalu lama.

“Lampung harus ikut menyukseskan program vaksinasi Covid agar pandemi cepat berakhir. Presiden Joko Widodo sudah meminta agar program vaksinasi bisa selesai dalam setahun. Jadi distribusi harus tepat waktu,” papar Anggota Komite II DPD RI tersebut.

“Jika ada penundaan, dikhawatirkan hal tersebut bisa berdampak terhadap target pemerintah pusat. Padahal vaksinasi juga ditujukan untuk percepatan ekonomi,” sambungnya.

Bastian juga meminta agar vaksin pada sesi pertama ini benar-benar diberikan kepada kelompok prioritas, yakni tenaga kesehatan, TNI/Polri, dan pelayan publik. Semua pihak diminta untuk mendukung program vaksinasi Corona.

BACA JUGA :  Tiga Tips Sukses Diet Menurut Ahli

“Pemerintah sudah memastikan vaksin Covid-19 akan diberikan secara gratis kepada seluruh warga negara. Masyarakat harus bersabar menanti gilirannya menerima vaksin,” terang Bastian.

Pemprov Lampung sendiri sudah memulai penyuntikan vaksin Corona pada Kamis (14/1) kemarin. Sementara Pemkot Bandar Lampung baru akan melaksanakan program vaksinasi hari ini.

“Kita harapkan vaksinasi Corona di Lampung bisa berjalan dengan lancar. Sekali lagi saya minta pemprov segera memastikan dikirimnya vaksin Corona ke daerah lainnya,” sebutnya.

“DPD akan terus mengawal program vaksinasi Covid di daerah-daerah. Keterlambatan penyaluran vaksin di Lampung ini menjadi catatan kami,” tutup Bastian. (ijs/elz)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *