Aksi Penghijauan PDIP di Ciliwung, Jadi Trending Di Medsos

Bagikan:

Jakarta – Pencanangan Gerakan Penghijauan dan Gerakan Membersihkan Sungai dalam rangka HUT PDIP menjadi berita trending di jagat maya. Kegiatan tersebut menyebabkan isu penghijauan atau reboisasi mengalahkan isu lingkungan lainnya di medsos.

Informasi tentang gerakan tersebut dapat dilihat pada tangkapan mesin bigdata Sciograf.  Narasi tentang penghijauan mulai ramai sejak tanggal 8 Januari dengan 55 kali,  lalu besoknya meningkat menjadi 328 kali perbincangan.

Bacaan Lainnya

Perbincangan tentang aksi lingkungan tersebut mencapai puncaknya pada hari Ahad (10/01/2020), dengan share index mencapai 638 kali perbincangan.

Seperti diketahui, share Index adalah total  nilai agrerat dari semua data, baik berupa  publikasi, mention di twitter, facebook, intagram, dan konten youtube.

Akun @ariabima99 yang memiliki 31,3 rb pengikut misalnya, mentweet  kutipan pernyataan Ketua Umum PDIP Perjuangan Megawati Soekarno Putri , “Dengan penghijauan, mata air dapat dijaga dan diselamatkan. Mata air itu bukan sekadar mata air, dia adalah sumber kehidupan.” Aria Bima adalah Anggota @DPR_RI, Fraksi PDIP2019-2024 Dapil Jateng V (Solo Klaten Boyolali Sukoharjo).

Kemudian akun  aku _ baperan _@jgnbaperlu juga membuat cuitan “PDI Perjuangan juga menggelar gerakan penghijauan dan gerakan membersihkan sungai untuk mendukung lingkungan semakin bersih. PDIP rayakan hari jadi ke 48 dengan rakyat untuk menjaga alam serta budaya yang kita miliki.” Cuitan tersebut diberi hastag #48thPDIPUntukIndonesia.

Seperti diketahui, Ketua Umum PDI Perjuangan Mengawati Soekarnoputri memang telah mencanangkan Gerakan Penghijauan dan Gerakan Membersihkan Sungai dalam peringatan ulang tahun partainya, Ahad lalu.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, saya secara resmi mencanangkan Gerakan Penghijauan dan Membersihkan Sungai-sungai sebagai sebuah jalan peradaban,” ucap Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati saat berpidato melauncing gerakan tersebut.

BACA JUGA :  Nama-nama Menteri Reshuffle Ramai Diberitakan, Kasatpres: Belum Ada Jadwal Untuk Calon Menteri

Berdasarkan informasi yang menyebar di media sosial, gerakan tersebut dipusatkan di Sungai Ciliwung. Tema dari gerakan ini adalah Cinta Ciliwung Bersih. Acara ini secara serentak pula dilakukan di setiap daerah, seluruh kader struktural, eksekutif, dan legislatif  dilingkungan partai.

Rupanya, peringatan ulang tahun PDIP ini juga bertepatan dengan Hari Sejuta Pohon Sedunia.  Momentum tersebut merupakan upaya  untuk menjaga kelestarian hutan dan meningkatkan upaya konservasi lingkungan.  (ilp/ijs)

 

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *