Alexander Fransiscus Dukung Swasta Diberikan Akses Vaksinasi Corona Mandiri

Bagikan:

JAKARTA- Pihak pengusaha berharap pemerintah memberikan akses vaksin mandiri Covid-19 untuk sektor swasta. Anggota Komite II DPD RI, Alexander Fransiscus mendorong pemerintah agar memberikan akses tersebut.

Permintaan soal akses vaksinasi mandiri ini disampaikan oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia. Vaksinasi mandiri itu ditujukan untuk karyawan dan pekerja di sektor swasta agar bisa membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Bacaan Lainnya

“Permintaan Kadin realistis. Sekarang kita tahu dampak pandemi Corona, banyak dunia perekonomian yang terhempas akibat pandemi,” ujar Alexander Fransiscus, Kamis (14/1/2021).

BACA JUGA :  Vaksin Aman, Al Malik Pababari: Masyarakat Tak Perlu Ragu

Program vaksinasi Covid-19 sudah resmi dimulai pada Rabu (13/1) ditandai dengan penyuntikan kepada Presiden Jokowi. Alexander berharap program vaksinasi bisa selesai sesuai target.

“Saya secara pribadi mengapresiasi Presiden Jokowi yang bersedia menjadi orang pertama penerima vaksin Corona di Indonesia. Sikapnya menandakan pemimpin sejati,” sebut Anggota Komite II DPD RI itu.

“Pak presiden menargetkan agar vaksinasi Covid-19 di Indonesia bisa selesai kurang dari setahun. Kita berharap agar target tersebut tercapai dan prosesnya berjalan lancar,” imbuh Alexander.

Vaksin Corona diberikan secara gratis kepada seluruh warga Indonesia. Hanya saja, pemerintah menerapkan sistem prioritas dalam program vaksinasi ini mengingat stok vaksin tidak datang serentak.

Tenaga kesehatan, TNI/Polri dan petugas pelayan publik menjadi kelompok pertama yang akan menerima vaksin Corona. Kemudian tokoh masyarakat/agama, pelaku perekonomian strategis, perangkat daerah, guru serta tenaga pendidik, aparatur kementerian/lembaga di tingkat pusat dan daerah, dan masyarakat yang masuk dalam kategori rentan.

“Masyarakat dan pelaku perekonomian umum ada di daftar prioritas paling akhir. Ini kemudian yang diharapkan Kadin bisa mendapat akses agar bisa mendapat vaksin secara mandiri, tidak melalui program pemerintah,” sebut Alexander.

Jika vaksinasi Covid-19 cepat dilakukan kepada karyawan, pekerja dan kalangan dunia usaha, hal tersebut dinilai juga bisa mempercepat pemulihan ekonomi yang sangat terdampak akibat pandemi Corona. Oleh sebab itu, Alexander mendorong pemerintah memberikan izin kepada pihak swasta melakukan vaksinasi mandiri kepada para karyawannya.

BACA JUGA :  Jerman Ragukan Keampuhan Vaksin AstraZenceca Untuk Lansia

“Saya rasa jika pemerintah memberi kesempatan kepada perusahaan melakukan vaksinasi mandiri kepada pekerjanya, maka roda perekonomian Indonesia yang terkontraksi akibat pandemi bisa bergerak dengan cepat lagi,” kata senator muda dari Dapil Bangka Belitung (Babel) itu.

Alexander berharap agar program vaksinasi Covid-19 dapat membantu memulihkan sektor perekonomian. Senator muda ini menyebut Komite II yang salah satu bidang kerjanya terkait dengan perindustrian dan perdagangan tersebut akan ikut memantau program vaksinasi Corona hingga tingkat terkecil di daerah.

“Kami sebagai perwakilan daerah akan terus mengawal program vaksinasi kepada masyarakat. Diharapkan agar program vaksinasi bisa membawa kita keluar dari pandemi dan mempercepat pemulihan ekonomi,” tutup Alexander. (ijs/elz)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *