AS Tuduh Iran Basis Baru Al Qaeda

Menteri Luar negeri AS, Mike Pompoe sumber: instagram
Bagikan:

Jakarta – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo mengatakan Iran merupakan basis baru kelompok teroris Al Qaeda pada Selasa (12/1/21)

Dilansir New York Times, Pompeo bahkan menyebut Iran sebagai “Afghanistan baru” untuk militan Qaeda. Dia menyebut hubungan antara Teheran dan para pemimpin Qaeda itu lebih tajam dari yang diliat pejabat kontra terorisme.

“Mereka merupakan mitra dalam terorisme, mitra dalam kebencian,” kata Pompeo kepada audiensi di National Press Club di Washington.

Dia mengatakan Iran telah memberikan dokumen perjalanan, kartu identitas dan paspor kepada militan Qaeda dan memungkinkan mereka untuk bergerak bebas di seluruh negeri.

Dia juga mendukung  sebuah laporan New York Times pada bulan November  yang menyatakkan komandan kedua Al Qaeda, Abdullah Ahmed Abdullah dibunuh di Teheran pada bulan Agustus 2020.

Namun, pejabat kontraterorisme membantah hal tersebut dan mengatakan tidak ada bukti untuk pernyataan Pompeo. Selain itu, pihaknya mengatakan jika pernyataan itu merupakan  kesimpulan analitiknya sendiri, bukan dari komunitas intelijen Amerika Serikat.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif melalui unggahan di media sosial Twitter resmi miliknya mengatakan, sungguh disayangkan Pompeo mengakhiri kariernya dengan mengatakan banyak kebohongan.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Bahram Ghasemi mengatakan, karena perbatasan Iran yang panjang dan keropos dengan Afghanistan, beberapa anggota Qaeda telah memasuki Iran, tetapi mereka telah ditahan dan dikembalikan ke negara asalnya.

(ANS/IJS)

Bagikan:
BACA JUGA :  Tikam Suami Akibat Cemburu Lihat Foto Perempuan, Ternyata Itu Keduanya Saat Berpacaran

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *