Awas! Kertas Cokelat Pembungkus Nasi Picu Kanker

Penampakan kertas coklat pembungkus nasi. Foto: suratkabar.id
Bagikan:

Jakarta – Hampir sebagian besar warung makan di Indonesia membungkus makanannya dengan kertas warna cokelat atau biasa disebut “kertas nasi”. Dibalik harganya yang relatif murah, praktis, dan mudah didapat ternyata kertas ini dapat mengganggu kesehatan.

Menurut penelitian yang dilakukan Dr. Lisman Suryanegara dari Pusat Penelitian Biomaterial Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menjelaskan, bahwa kertas warna cokelat pembungkus nasi ini terbuat dari kertas daur ulang. Berdasarkan uji mikrobiologi yang dilakukannya, ditemukan kandungan berbahaya seperti logam berat serta terdapat 1,5 juta koloni bakteri berbahaya.

Selain itu dalam kertas ini mengandung bahan kimia bisphenol A (BPA) yang sangat tinggi. Bahan kimia ini sering digunakan untuk membuat wadah makanan (kertas dan plastik). BPA berfungsi untuk melapisi kertas agar tahan dari panas Bahan kimia ini apabila masuk ke dalam tubuh dapa tmeningkatkan resiko kanker payudara, kanker kelenjar getah bening, gangguan reproduksi, hingga mutasi gen.

Migrasi bahan kimia berbahaya dari kertas ini ke dalam makanan dipengaruhi oleh faktor suhu tinggi, asam, berkuah, dan berminyak. Alangkah baiknya jika kita segera mengganti makanan yang dibungkus kertas ini kedalalam wadah yang food grade, atau membawa wadah makanan sendiri ketika ingin membungkus makanan. (Zak/IJS)

Bagikan:
BACA JUGA :  Awas, Tidur Dengan Lampu Menyala Picu Obesitas Hingga Kanker

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *