Awas, Minyak Goreng Curah Picu Diabetes Hingga Kanker

Minyak goreng curah. Foto: bizlaw.id
Bagikan:

Jakarta – Minyak goreng curah sering digunakan oleh masyarakat karena harganya yang relatif jauh lebih murah dibanding minyak goreng kemasan. Di balik harganya yang murah, minyak jenis ini mengandung senyawa yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Menurut Jurnal Ilmiah Farmasi, Pharmacon, perbedaan minyak goreng curah dengan minyak goreng kemasan terletak pada penyaringannya. Minyak goreng curah melewati satu kali penyaringan, sedangkan minyak goreng kemasan dua kali penyaringan. Penyaringan ini berpengaruh dalam menentukan kualitas minyak goreng.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan persyaratan Standart Nasional Indonesia (SNI), minyak goreng curah tidak memenuhi pada satu kriteria, yaitu syarat bilangan peroksida. Angka peroksida menunjukan tingkat kerusakan minyak akibat oksidasi. Semakin tinggi angka peroksida semakin tinggi tingkat kerusakan pada minyak.

Selain itu, minyak goreng curah yang beredar diduga berasal dari minyak jelantah atau minyak bekas pakai yang diambil dari restoran atau warung makan besar. Minyak tersebut kemudian didistribusikan kepedagang pasar dan dijual secara eceran.

Tidak berhenti disitu, minyak goreng bekas pakai memiliki kandungan antioksidan alami yang sedikit. Otomatis, jika mengkonsumsi makanan yang digoreng dengan minyak ini mengakibatkan hipertensi, diabetes, dan peradangan pembuluh darah.

Bijak memilih minyak goreng, ya. (Zak/IJS)

Bagikan:
BACA JUGA :  5 Manfaat Terapi Lintah dan Efek Sampingnya Untuk Kesehatan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *