Beda dari Indonesia, WHO Justru Tak Wajibkan Vaksinasi Covid-19

Ilustrasi vaksinasi Covid-19. Foto: wowkeren.com
Bagikan:

Jakarta – World Health Organization (WHO) menyatakan, tidak setuju dengan aturan negara yang mewajibkan vaksin Covid-19.

WHO menilai, mewajibkan vaksinasi Covid-19 kepada setiap warga justru akan memunculkan sikap antipati terhadap vaksin Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Saya tidak yakin bahwa mandat-mandat bukan arah kebijakan yang tepat di sini, khususnya bagi vaksin,” kata Direktur Departemen Imunisasi WHO, Kate O’Brien dalam jumpa pers virtual pada Desember lalu.

Menurut Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) itu, menyakinkan masyarakat terkait manfaat dan petingnya vaksin jauh lebih efektif dibandingkan mewajibkannya. Selain itu, memaksa seseorang untuk divaksin bukanlah cara yang tepat untuk mempromosikan vaksin Covid-19.

O’Brien mengungkapkan untuk prodesi tenaga medis sangat dianjurkan untuk divaksinasi Covid-19 demi keselamatan staff dan pasien rumah

mengatakan memang ada beberapa profesi seperti tenaga medis yang memerlukan dan sangat dianjurkan untuk vaksinasi corona demi keselamatan staff dan pasien rumah sakit.

Meskipun begitu, WHO tetap memberikan kebebasan kepada seluruh negara terkait pelaksanaan kampanye vaksinasi Covid-19.

“Akan lebih baik untuk mendorong dan memfasilitasi vaksinasi tanpa persyaratan semacam itu. Saya tidak berpikir kami ingin melihat ada negara yang mewajibkan vaksinasi,” ucapnya.

Sementara itu, WHO juga tak menampik jika masih banyak kalangan yang masih meragukan efektivitas dan keamanan vaksin Covid-19.

Menurut Direktur Urusan Darurat WHO, Micahel Ryan, pihaknya dan seluruh kepentingan di dunia perlu berjuang meyakinkan masyarakat umum agar mau divaksinasi.

Lebih dari 50 negara dilaporkan telah memulai vaksinasi Covid-19. Diperkirakan 70-90 persen dari 7,8 miliar orang di dunia perlu menerima vaksin sebelum mencapai ‘herd immunity’ agar dapat kembali ke kehidupan normal. (Zak/IJS)

BACA JUGA :  Siap Terima Vaksin? Ini Beberapa Persyaratan yang Harus Dipenuhi!
Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *