BMKG Ingatkan Potensi Air Pasang Setinggi 3 Meter di Batam Siang Ini

Bagikan:

Batam – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam memperingatkan terjadinya air laut pasang di pesisir Batam, Kepulauan Riau, Sabtu siang ini (2/1/2020).

BMKG memprediksi tinggi maksimum air laut di pesisir Batam bisa lebih dari tiga meter mengingat curah hujan yang tinggi di wilayah tersebut.

“Berpotensi terjadi pasang tinggi maksimum di wilayah pesisir Batam,” kata Forecaster BMKG Hang Nadim Fauzan Lathif di Batam.

Fauzan mengungkapkan hingga Sabtu dini hari pukul 01.00 WIB, ketinggian air pasang maksimum 2,6 meter. Pada siang hari, pukul 12.00 WIB, ketinggian air bisa mencapai 3 meter.

“Pasang tinggi maksimum dapat lebih tinggi dari potensial tersebut, mengingat akumulasi curah hujan lebat yang terjadi sejak siang 1 Januari 2021,” kata dia.

Sementara itu, sebanyak empat unit rumah warga Kelurahan Tanjunguma, Kota Batam, Kepulauan Riau rusak ditabrak tongkang yang hanyut dari pelabuhan sekitar.

“Iya benar, rumah rusak, satu rusak berat, tiga rusak ringan,” kata Lurah Tanjunguma Kecamatan Lubuk Baja, Syahril.

Kejadian itu terjadi sekitar pukul 14.00 WIB kemarin, Jumat (1/1/2021). Hujan deras disertai angin kencang dan gelombang laut yang tinggi membuat tongkang hanyut dan bergerak ke pemukiman warga yang memang berdiri di atas laut.

Berdasarkan keterangan lurah setempat, warga yang rumahnya rusak sudah dievakuasi ke tetangga di sekitarnya.

Selain itu, banjir rob dan hujan mengguyur sejumlah wilayah di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), kemarin.

Berdasarkan keterangan warga, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan sesekali disertai petir melanda daerah itu sejak pagi hingga malam hari ini.

Warga mengaku banjir rob terjadi dari pagi sampai sore hari.

(Nad/IJS)

Bagikan:
BACA JUGA :  Bermedia Sosial Nirakhlak Memicu Disintegrasi Bangsa

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *