Bustami Zainuddin Dorong UMKM di Daerah Manfaatkan Jaringan Digitalisasi Pasar Global

Anggota Komite II DPD RI, Bustami Zainuddin (foto istimewa)
Bagikan:

JAKARTA – Wakil Ketua Komite II DPD RI,  mendorong UMKM di daerah untuk memanfaatkan jaringan pasar global dalam memasarkan produk-produk mereka. “UMKM memerlukan pasar agar produksi terus berjalan. Digitalisasi perdagangan melalui e-commerce sangat membantu aktivitas ekonomi usaha UMKM,” kata Bustami Zainuddin dalam keterangan resminya, Jumat (26/2/2021).

Menurut mantan Bupati Waykanan Lampung itu, ada banyak produk home made maupun industri yang memanfaatkan jasa e-commerse untuk meluaskan pemasaran. Tak hanya di dalam negeri, namun juga e-commerse mampu menjangkau pasar global. “Pasar global yang merupakan tren perdagangan memerlukan standar kualitas produk yang bisa diterima konsumen di manapun,” tutur Bustami.

Bacaan Lainnya

Senantor Dapil Lampung itu melanjutkan, banyak produk-produk unggulan di daerah yang memerlukan pasar sebagai ruang mereka untuk menjaring pembeli. Menurut Bustami, ruang perdagangan digital seperti e-commerse bisa dimanfaatkan untuk memasarkan produk mereka. “Kita memiliki banyak produk lokal dari daerah yang memerlukan pasar. Saya mendorong pelaku UMKM dari daerah-daerah pelosok untuk memanfaatkan pasar global sebagai tempat untuk memasarkan produknya,” kata Bustami.

Kendati begitu, Bustami mengingatkan kepada pemerintah agar UMKM tersebut dibekali pengetahuan mengenai standar kualitas, kemasan, display serta varian dan nama produk agar mampu bersaing. “Perlu diberlakukan juga kebijakan untuk boosting produk. Mesti ada perbedaan harga boosting produk UMKM dengan produk hasil industri,” tutur Bustami.(*)

Bagikan:
BACA JUGA :  Bustami Zainuddin: Butuh Regulasi Proteksi Industri Makanan dan Minuman Skala Kecil

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *