Cara Gampang Simpan Sayur Agar Tahan Lama

Ilustrasi sayuran. Foto: shutterstock
Bagikan:

Jakarta – Sebagian besar ibu-ibu rumah tangga membeli sayuran dalam jumlah banyak sebagai persediaan di rumah. Kelemahannya, jika tidak disimpan dengan cara yang benar maka sayuran akan cepat membusuk dan akhirnya dibuang. Hal ini justru suatu pemborosan karena meningkatkan biaya yang dibutuhkan untuk membeli sayur.

Untuk menjaga kualitas agar tidak merubah cita rasa dan tidak lekas membusuk, sayuran perlu disimpan dengan cara yang benar. Ada beberapa panduan cara menyimpan sayur yang ideal. Simak penjelasannya di bawah ini:

Bacaan Lainnya

Cerdas memilih sayuran

Ketika hendak membeli sayuran, pastikan memilih yang masih segar. Sayuran yang tidak segar membuatny lebih cepat membusuk.

Cuci terlebih dahulu

Sebelum disimpan, pastikan sayuran dicuci terlebih dahulu untuk menghilangkan kotorannya. Menyimpan sayuran dalam keadaan kotor membuatnya cepat busuk. Setelah dicuci, jangan langsung disimpan dalam kulkas, namun ditiriskan terlebih dahulu sampai benar-benar tiris dan airnya mengering. Menyimpan sayuran dalam keadaan utuh membuatnya segar lebih lama.

Pastikan kulkas bersih

Kulkas yang bersih menjadi hal yang penting agar kualitas makanan tetap terjaga. Set suhu dalam kulkas antara satu sampai empat derajat celcius untuk mencegah timbulnya bakteri yang nantinya akan mempengaruhi rasa dan aroma sayuran.

Bungkus dengan kertas atau tisu

Bungkuslah sayuran dengan kertas untuk menyerap kelembaban. Jika ingin lebih kering dapat ditambahkan tisu dapur dibagian alasnya. Kertas dan tisu mampu menyerap kelembaban pada sayur agar tetep segar.

Dimasukan ke dalam kantong plastik

Jika ingin menyimpan sayuran dalam kantong plastik, pastikan melubanginya terlebih dahulu sebelum dimasukan dalam kulkas. Sayuran tetap membutuhkan oksigen agar segar lebih lama.

BACA JUGA :  Awas, Minyak Goreng Curah Picu Diabetes Hingga Kanker

Pilah-pilah sayuran

Ada beberapa sayuran yang tidak bisa disimpan dalam kulkas, seperti tomat, jamur, tauge, dan daun kemangi karena akan mudah layu. Bahan dapur seperti bawang merah, bawang putih, dan bawang Bombay pun lebih baik disimpan di luar kulkas. Jika disimpan dalam kulkas membuat teksturnya menjadi lembek dan mudah berjamur.

Atur sayuran dalam kulkas

Sayuran hijau di letakkan di laci kulkas paling bawah. Bagian ini memiliki suhu dingin yang lebih stabil sehingga sayuran hijau tidak cepat layu. Rak lantai dua digunakan untuk menyimpan sayuran dengan kadar air rendah seperti wortel, kol, buncis, dan kacang panjang. Sedangkan rak lantai tiga digunakan untuk menyimpans ayur dengan kadar air tinggi seperti mentimun, cabai, dan paprika.

Meskipun dapat bertahan berhari-hari, lebih baik membeli sayuran secukupnya agar bisa langsung dimasak selagi masih segar. (Zak/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *