China Beri Izin Masuk Tim Pakar WHO

Pandemi Covid-19 di China sumber: Reuters
Bagikan:

Jakarta – China akhirnya berikan izin tim pakar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk meneliti asal-usul virus korona di negara tersebut.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri, Zhao Lijian mengatakan, China telah menyetujui kunjungan tersebut setelah konsultasi antara kedua belah pihak.

Bacaan Lainnya

“Ini merupakan kesempatan untuk bertukar pandangan dengan ilmuwan setempaat dan pakar medis tentang kerja sama ilmiah tentang penelusuran asal-usul virus korona baru,” ujarnya.

Dilansir AFP, Komisi Kesehatan China (NHC) mengatakan, tim WHO akan melakukan kerja sama penelitian tentang asal usul virus tersebut dengan para ilmuwan China pada Kamis (14/1/21).

Namun, NHC menolak memberikan jadwal perjalanan tim dan tidak jelas apakah ilmuwan akan melakukan perjalanan ke Wuhan, tempat pertama virus korona terdeteksi.

Sementara itu, komunitas internasional berharap para ahli dapat mengunjungi ‘pasar basah’ tempat virus diyakini muncul dan menelusuri kembali secara rinci hari-hari awal virus di kota Wuhan di China.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus mengungkapkan kekecewaannya karena pemerintah China belum menerbitkan izin masuk bagi tim gabungan penelitian sumber virus korona.

“Masing-masing anggota tim sudah berangkat menuju China, tetapi mereka tertahan karena China belum menerbitkan izin,” ujarnya.

Amerika Serikat dan sejumlah negara lain menuduh China menutupi penyebaran kasus virus korona. Namun pemerintahnya dengan tegas membantah hal tersebut.

Saat ini, sebagian besar wilayah di negara tersebut berhasil menahan penyebaran virus tersebut. China juga menjadi satu-satunya negara yang melaporkan pertumbuhan ekonomi tahun ini.

BACA JUGA :  Facebook Tampilkan Informasi Jadwal dan Lokasi Vaksinasi Bagi User

(ANS/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *