Desakan Pemakzulan Trump Oleh Sejumlah Pejabat AS

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump sumber: instagram/realdonaldtrump
Bagikan:

Jakarta – Ketua DPR Amerika Serikat (AS), Nancy Pelosi mendesak agar Wakil Presiden AS, Mike Pence mencopot Donald Trump dari posisinya sebagai Presiden AS dengan Amandemen ke -25 Konstitusi.

Hal itu sebagai buntut dari kerusuhan pendukung Trump di Gedung Capitol saat pengesahan pemenangan Joe Biden sebagai Presiden AS selanjutnya, Rabu (6/1/21).

Bacaan Lainnya

Pelosi bahkan siap memberhentikan Trump dari jabatannya tersebut.

“Jika wakil presiden dan kabinet tidak bertindak tegas, Kongres siap untuk bergerak maju dengan melakukan pemakzulan tersebut,” katanya, dilansir CNN, Kamis (8/1/21).

Ia juga menyebut Trump sebagai orang yang sangat berbahaya dan dianggap tidak pantas meneruskan jabatan itu.

Amandemen ke-25 mengharuskan Wakil Presiden dan mayoritas kabinet menyatakan presiden AS dicopot dari jabatannya karena dianggap tidak bisa lagi menjaolankan kekuasaan.

Sumber dari Partai Republik mengungkapkan, beberapa anggota kabinet saat ini sedang melakukan diskusi awal tentang penetapan Amandeman ke-25.

“Diskusi sedang berlangsung, tapi tidak jelas berapa banyak anggota Kabinet yang menyetujui kesepakatan tersebut,” kata sumber yang tidak disebutkan namanya.

Desakan pelengseran ini juga diutarakan oleh Jaksa Agung Distrik Columbia Karl Racine, dengan meminta Pence agar mengajukan Amandemen ke-25.

Dia menilai Pence lebih layak mengemban posisi presiden dibanding Trump.

(ANS/IJS)

Bagikan:
BACA JUGA :  Covid-19 Belum Usai, Vietnam Hadapi Wabah Flu Burung

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar