Dies Natalis Ke-23, IT-PLN Bakal Kembangkan Teknologi Tepat Guna

Institut Teknologi PLN (foto: Istimewa)
Bagikan:

Jakarta – Institut Teknologi PLN (IT-PLN) memperkenalkan berbagai inovasi di bidang tekonologi kelistrikan dalam serangkaian acara perayaan Dies Natalis ke-23 yang digelar secara daring, Kamis (1/4/21).

Inovasi-inovasi tersebut merupakan temuan dari mahasiswa maupun alumni, pertama yakni Teknologi Pengamanan Stroom yang bekerja sama dengan TPT CO dan LTD Korea. Teknologi ini dapat digunakan untuk menghindari kontak langsung terhadap aliran listrik saat banjir.

Bacaan Lainnya

Kedua, inovasi dari alumni IT-PLN yang juga Manajer PT PLN (Persero) UP3 Bima, Maman Sulaeman dan Saifulloh Hafidz yang menampilkan inovasi Sepeda Listrik yang dinamai “Matric-B”.

Mengusung konsep vintage chopper electric bike, dengan menggunakan baterai litihium, sepeda listrik ini mempunyai daya 1.000 watt. Hal ini menjadikan Matric-B ini berbeda dengan sepeda listrik pada umumnya.

Terakhir, para mahasiswa menampilkan inovasi berupa mobil listrik yang dapat menempuh kecepatan hingga 56 kilometer per jam.

Selain mobil listrik, para mahasiswa juga melakukan kegiatan eksibisi pada bidang aeromodeling dan perahu cepat.

Dengan berbagai macam inovasi ini diharapkan dapat menambah ide dan gagasan guna mencapai peningkatan teknologi dari IT-PLN.

Di tahun ke 23 berdirinya kampus tersebut hari ini, irektur Utama PLN, Zulkifli Zaini mengharapkan IT-PLN yang sebelumnya bernama Sekolah Tinggi Teknik PLN (STT-PLN) dapat mengembangkan teknologi tepat guna.

“Selamat kepada IT-PLN dan saya mendukung Insitut Teknologi – PLN dalam mengembangkan teknologi tepat guna,” katanya dalam keterangan resmi.

Selain Zulkifli, Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati dan Gubernur DKI Jakarta Bapak Anies Baswedan turut menyampaikan ucapan selamat serta dukungannya kepada IT-PLN.

BACA JUGA :  Dana Bansos Dibuat Bancakan, Sri Mulyani Terapkan Strategi Baru Penyaluran

Peringatan Dies Natalis ini juga diisi kegiatan orasi ilmiah yang disampaikan oleh Direktur Jendral Ketenagalistrikan (Gatrik), Rida Mulyana dengan tema ketenagalistrikan di Bidang Pendidikan tinggi.

Ia mengimbau, agar perkembangan ketenagalistrikan bisa digagas dari lingkungan pergurun tinggi sehingga dapat meningkatkan perkembangan teknologi.

Selain memperkenalkan berbagai inovasi, dalam rangkaian kegiatan tersebut IT-PLN juga meresmikan Ruang Pembangkit yang merupakan bantuan dari PT Pembangkitan Jawa Bali, PT Sumberenergi Sakti Prima (SSP) dan PT Sumber Segara Primadaya (S2P).

Ruang Pembangkit ini diaharapkan dapat meningkatkan semangat dalam berinovasi, dan juga dapat menjadi wadah dalam penyampaian produk inovasi dan sebagai ruang diskusi.

(ANS/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *