Dinikahi Mantan Ketua Muhammadiyah, Siapakah Sebenarnya Rashda Diana?

Din Syamsudin & Rashda Diana
Bagikan:

Ponorogo – Din Syamsudin menikah untuk yang ke tiga kalinya, setelah istri pertamanya meninggal, lalu bercerai dengan istri keduanya.

Din Syamsudin menikahi seorang wanita bernama Rashda Diana yang merupakan cucu dari KH Ahmad Ridwan, salah seorang pendiri Pondok Pesantren (Ponpes) Gontor, Ponorogo, Jawa Timur. Momen bahagia tersebut digelar di Ponpes Gontor, Ponorogo pada Minggu, (3/1/2021).

Para tokoh nasional pun ramai mengucapkan selamat atas pernikahan deklarator Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) yang juga mantan Ketua Umum Muhammadiyah ini. Siapakah sebenarnya Rashda Diana yang menjadi istri ketiga Din Syamsudin ini?

Rashda Diana merupakan putri kedua almarhum KH Imam Subakir Ahmad. Subakir sendiri merupakan putra KH Ahmad Ridwan, salah satu pendiri Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Dari laman website litapdimas.kemenag.go.id nama Rashda Diana tercantum sebagai peneliti dan pengajar. Di laman itu dijelaskan, perempuan usia 48 tahun tersebut menjabat sebagai salah satu staf pengajar dalam bidang keilmuan Syariah dan Ilmu Hukum di Universitas Darussalam Gontor.

Sebelum mengajar di Gontor, Rashda terlebih dahulu mengenyam pendidikan di Fakultas Syariah Islamiyah Al-Azhar, Kairo, Mesir. Setelah purna, Rahsda kemudian melanjutkan studi di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dalam program studi Pemikiran Jurusan Hukum Islam. Rashda diketahui menerima gelar doktornya pada 2019 lalu.

Selain mengajar Rashda juga aktif menerbitkan tulisan berupa jurnal. Bahkan, tulisannya yang berjudul “Al-Mawardi dan Konsep Kenegaraan dalam Islam” pernah dimuat di Jurnal Tsaqafah, Universitas Darussalam, Gontor.

Sebelum dipinang Din Syamsudin, perempuan kelahiran 5 Mei 1973 ini diketahui pernah menjalani pernikahan dengan Dihyatun Masqon. Sayangnya, Dihyatun meninggal di tahun 2018 lalu. Setelah kurang lebih dua tahun sendiri, Rashda kemudian dipinang Din Syamsudin pada minggu kemarin, 3 Januari 2021.

BACA JUGA :  Ketua Satgas Covid-19 Indonesia Positif Terinfeksi Virus Corona

(Nad/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *