Distribusi Subsidi Pupuk 33 Triliun Tak Sampai ke Tangan Petani

Tangkapan layar Instagram @cnbcindonesia
Tangkapan layar Instagram @cnbcindonesia
Bagikan:

Jakarta – Pertanyaan Jokowi perihal hasil dari subsidi pupuk yang mencapai 33 triliun menjadi sorotan warganet hingga trending di Instagram hari ini.

Presiden Jokowi merasa jengkel terhadap produktivitas pangan yang tidak sebanding dengan pemberian subsidi pupuk setiap tahunnya.

Bacaan Lainnya

“Jika setiap tahun pemerintah mengeluarkan subsidi sebesar itu tapi tidak ada lompatan dari sisi produksinya, maka ada sesuatu yang salah,” katanya.

Selama masa pemerintahannya periode pertama (2015 – 2019), anggaran subsidi ini mencapai 31,74 triliun, sedangkan rata-rata kenaikkannya hingga 12,48 persen.

Berbeda dengan laju pertumbuhan produksi beras dan kedelai yang cenderung mengalami penurunan daripada lima tahun sebelumnya.

Oleh karena itu, Jokowi meminta adanya evaluasi terhadap produksi pangan di Tanah Air.

Berdasarkan tangkapan mesin Sciograf pada Selasa (12/01/2021) pukul 16.45 WIB postingan yang diunggah oleh CNBC Indonesia ini mendapat reaksi warganet sebanyak 279 comments dan 3.608 likes.

Beberapa warganet berspekulasi pupuk yang diberikan oleh pemerintah tidak sampai ke tangan petani. Akun @tomcatvisual mengatakan, petani kesulitan menemukan pupuk subsidi.

“Permainan oknum mungkin pak, soalnya di daerah saya masih banyak yang tidak dapat pupuk,” tulis @yohansyahfr.

“Petani di kabupaten saya mengeluh sulit cari pupuk pak,” tulis @tri_onoskal.

Sciograf adalah layanan Big Data dengan teknologi end to end encryption, yang terdiri dari web/robot crawler, indexing/clustering dan analisis berbasis teknologi big data.

Sciograf dapat memenuhi kebutuhan data terkini dengan keluaran data bervolume sangat besar dan berkecepatan tinggi serta menghubungkan data dengan berbagai format. (CNC/IJS)

BACA JUGA :  Kudeta Demokrat, SBY : Saya Tidak Pernah Ganggu Partai Lain
Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *