Dugaan Korupsi, Kejagung Jadwalkan Periksa Maraton 20 Karyawan BPJS TK

Kantor pusat BPJS Ketenagakerjaan di Jakarta. (Dok. BPJS Ketenagakerjaan)
Kantor pusat BPJS Ketenagakerjaan di Jakarta. (Dok. BPJS Ketenagakerjaan)
Bagikan:

Jakarta – Kejaksaan Agung (Kejagung) sudah bergerak memeriksa sejumlah karyawan PT Badan Pengelola Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS TK) terkait kasus dugaan korupsi. Total ada 20 karyawan dan pejabat BPJS TK yang akan menjalani pemeriksaan.

“Berdasarkan jadwal yang tertera, hari ini, Selasa (19/1/2021) akan dilakukan pemeriksaan pada 10 orang saksi, dan 10 orang saksi di hari Rabu (20/1/2021),” terang Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak dalam keterangan resminya, Selasa.

Bacaan Lainnya

BACA JUGA :  Ternak Banyak yang Mati Akibat Banjir Picu Kenaikan Harga Daging di Kalsel

Menurut Leonard, pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap 20 orang tersebut karena diduga mengetahui peristiwa pidana korupsi yang terjadi di BPJS TK. Sebab itu pihaknya ingin memintai keterangan dari mereka.

Secara rinci, sejumlah saksi yang hadir dalam pemeriksaan pada hari pertama di Gedung Bundar, Kejagung ialah Mantan Deputi Direktur Analisis Portofolio BPJS TK berinisial AA; Deputi Direktur Manajemen Resiko Investasi BPJS TK, RU; Asisten Deputi Analisis Portofolio BPJS TK, EH; Deputi Direktur Akuntansi BPJS TK, HN; Deputi Direktur Analisis Portofolio BPJS TK, II; dan Deputi Direktur Keuangan BPJS TK, HR.

Pemeriksaan ini, imbuhnya, dilakukan sebagai upaya pengumpulan alat bukti dan fakta hukum terkait perkara Dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) terkait dugaan penyimpangan pengelolaan keuangan dan dana investasi oleh BPJS TK. Meskipun sampai saat ini masih belum diketahui perkiraan kerugian negara.

Selain itu, kejagung belum memberikan informasi terkait posisi kasus tersebut dan periode waktu dugaan terjadinya korupsi pada perusahaan milik negara tersebut.

Sebelumnya, penyidik telah menggeledah dan mengamankan sejumlah dokumen dari kantor pusat BPJS TK di Jakarta pada Senin (18/1/2021) lalu. (Sdy/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *