Harapan Idham Azis kepada Calon Kapolri Baru

Presiden Joko Widodo (kanan) menyalami Kapolri Jenderal Pol Idham Azis usai penyematan pangkat dalam rangkaian upacara pelantikan Kapolri di Istana Negara, Jumat (1/11/2019). Idham Azis dilantik menjadi Kapolri menggantikan Tito Karnavian yang diangkat menjadi Mendagri.
Presiden Joko Widodo (kanan) menyalami Kapolri Jenderal Pol Idham Azis usai penyematan pangkat dalam rangkaian upacara pelantikan Kapolri di Istana Negara, Jumat (1/11/2019). Idham Azis dilantik menjadi Kapolri menggantikan Tito Karnavian yang diangkat menjadi Mendagri. (Foto: SP/Joanito De Saojoao)
Bagikan:

Jakarta – Kapolri Jendral Idham Azis akan purnatugas pada bulan Februari 2021 mendatang. Jokowi telah memilih Listyo Sigit sebagai calon Kapolri, dari lima calon yang direkomendasikan dari Komisi Kepolisian Nasional.

Jenderal Idham Azis berpesan kepada jajarannya untuk meyakini dan mensukseskan keputusan Presiden tersebut, karena sudah pasti keputusan tersebut melalui pertimbangan yang sangat matang. Keputusan itu ia tegaskan bahwa ini adalah hak prerogatif Presiden.

Bacaan Lainnya

Kapolri Jenderal Idham Azis mengajak kepada para jajarannya semua untuk bersatu dan kompak memberikan dukungan kepada calon Kapolri baru Komjen Listyo Sigit Prabowo.

Ia sangat berharap agar pelaksanaan rangkaian uji kelayakan dan kepatuhan pada pekan depan bisa berjalan lancer dan aman. Idham Azis memberikan pepatah,“waktu tidak mengikuti jalan yang dibuat oleh manusia, tetapi manusianya lah yang berjalan dijalur yang dibuat oleh waktu,” ujar Jenderal Idham Azis.

Kapolri Jenderal Azis berpesan agar Polri menerima keputusan Presiden dan berharap institusi kepolisian agar tetap solid.

“Harapan saya kita semua tetap solid, mendukung kebijakan yang sudah di putuskan Bapak Presiden Joko Widodo selaku Pimpinan Tertinggi Polri untuk kita laksanakan dan amankan,” ujar Kapolri Idham Azis.

Sementara itu, Anggota Komite I DPD RI Ahmad Bastian SY meminta semua pihak memberi dukungan atas keputusan Presiden Jokowi.

“Presiden sudah memutuskan dan saya yakin pilihan tersebut pilihan terbaik. Saya rasa semua seharusnya memberi dukungan keputusan Pak Jokowi yang memilih Komjen Listyo Sigit sebagai calon tunggal Kapolri,” ungkap Ahmad Bastian, Kamis (14/1/2021).

BACA JUGA :  Tito Karnavian Bagi Cerita Mengenai Sosok Calon Tunggal Kapolri

Bastian menilai Komjen Listyo Sigit merupakan sosok yang mumpuni untuk menjadi Kapolri. Ia menyebut, banyak prestasi jenderal bintang tiga yang kini menjabat sebagai Kabareskrim itu.

“Banyak kasus menonjol yang ditangani Komjen Listyo Sigit ya. Di bawah kepemimpinan beliau, Bareskrim berhasil menangkap Djoko Tjandra yang sudah buron 11 tahun lamanya dalam kasus hak tagih Bank Bali. Bahkan Komjen Sigit yang langsung membawa pulang Djoko Tjandra dari Malaysia,” ucap Bastian.

Bastian juga merinci sejumlah kasus besar yang berhasil ditangani Komjen Listyo Sigit. Beberapa di antaranya adalah kasus Kebakaran Gedung Kejaksaan Agung hingga kasus pelanggaran protokol kesehatan Covid di sejumlah wilayah.

“Jangan lupa, 2 pelaku kasus penyiraman air keras penyidik senior KPK Novel Baswedan ditangkap di masa kepemimpinan Komjen Sigit juga sebagai Kabareskrim,” katanya.

(FWI/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *