Hati-Hati, Berikut Empat Dampak Negatif Overthinking

Ilustrasi overthinking. (Foto: Getty Images)
Bagikan:

Jakarta – Setiap orang terbiasa memikirkan hal-hal yang beragam, seperti karier, hubungan asmara, hubungan sosial, perkerjaan, hingga memikirkan masa depan. Namun, kecenderungan yang dipikirkan dari sisi negatifnya saja.

Jika sering mengalami hal ini, berarti Anda sudah mengalami yang namanya overthinking.

Bacaan Lainnya

dilansir dari Kompas.com, overthinking merupakan proses menganalisis suatu hal secara terus menerus. Biasanya overthinking ini terjadi bersamaan dengan rasa kekhawatiran dan pemikiran obsesif.

BACA JUGA :  Awas, Minyak Goreng Curah Picu Diabetes Hingga Kanker

Perlu diingat, jika hal itu dibiarkan terus akan menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan Anda.

Seorang praktisi emotional healing dan mindfulness, Adjie Santosoputro, mengatakan jika overthinking terus dibiarkan akan berdampak pada diri kita, diantaranya:

1. Mengganggu hubunganmu dengan orang lain

Orang yang mengalami overthinking cenderung lebih mudah marah. Hal ini akan berdampak bagi hubungan dengan orang lain. Bahkan sampai bisa mengganggu jalannya relasi dengan orang lain yang sedang berjalan.

BACA JUGA :  Daun Mangkokan, Tanaman Pagar yang Ampuh Tingkatkan Kesehatan Tubuh

2. Kebahagiaan akan menjauh

Ketika lebih sering memikirkan hal-hal buruk, maka kesempatan untuk merasakan kebahagiaan jadi lebih berkurang. Jika hal tersebut berlangsung terus menerus, maka kebahagiaan diri kita pun juga akan menjauh pelan-pelan.

3. Produktivitas jadi menurun

Ketika terlalu sibuk memikirkan hal-hak yang belum terjadi menyebabkan menurunnya produktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Tak jarang, banyak kegiatan yang terbengkalai ketika overthinking mulai terjadi.

BACA JUGA :  Si Raja Pahit Sambiloto, Ampuh Sembuhkan Diabetes Hingga Sehatkan Jantung

4. Munculnya gangguan kesehatan

Overthinking jika terlalu lama dibiarkan akan berdampak pada kesehatan. Asam lambung naik dan migrain merupakan dampak umum yang biasa terjadi dari overthinking.

Jika dampak negatif dari overthinking tidak bisa diatasi sendiri, segeralah minta bantuan ke tenaga profesional seperti psikolog atau psikiater.

Begitu juga dengan gangguan kesehatan yang muncul akibat overthinking. Mintalah bantuan dokter jika gangguan kesehatan tidak dapat Anda atasi sendiri agar mendapatkan penanganan yang tepat. (Zak/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *