ILO: Covid-19 Hancurkan 81 Juta Pekerjaan di Asia Pasifik

Bagikan:

Jenewa – Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) melaporkan bahwa Pandemi Covid-19 telah menghancurkan 81 juta pekerjaan di seluruh Asia-Pasifik tahun ini. Golongan pekerja perempuan dan orang muda yang paling terpengaruh.

“Covid-19 telah menimbulkan pukulan telak di pasar tenaga kerja di kawasan itu,” kata Chihoko Asada Miyakawa, direktur ILO, dalam pernyataan, Kamis (17/12/2020).

Pekerjaan di Asia-Pasifik, menurut laporan ILO, menunjukkan penurunan 4,2 persen dibandingkan dengan tren sebelum krisis, dengan kesenjangan sebesar 4,6 persen untuk perempuan dan 4 persen untuk laki-laki. Kaum muda kehilangan pekerjaan 3 hingga 18 kali lebih besar daripada kontribusi mereka dari total pekerjaan.

“Tingkat cakupan jaminan sosial yang rendah dan kapasitas kelembagaan yang terbatas di banyak negara telah mempersulit perusahaan dan pekerja untuk bangkit kembali,” tambah Chihoko.

Dengan lebih sedikit jam kerja berbayar yang tersedia, pendapatan rata-rata pun ikut menurun. Secara keseluruhan, pendapatan tenaga kerja di wilayah tersebut turun sebanyak 9,9 persen dalam tiga kuartal pertama tahun ini, setara dengan penurunan 3,4 persen dalam produk domestik bruto.

Selanjutnya dalam laporan tersebut menyampaikan, kesenjangan pekerjaan terbesar berada di Asia Selatan, dengan tingkat pekerjaan pada tahun ini hampir menyentuh 50 juta pekerjaan atau di bawah baseline pra-krisis.

Kesenjangan pekerjaan di Asia Timur diperkirakan mencapai 16 juta pekerjaan, diikuti Asia Tenggara dan Kepulauan Pasifik dengan nilai masing-masing 14 juta dan 500.000 pekerjaan.

“Terlalu banyak pekerja yang masuk ke jurang kemiskinan. Pertumbuhan ekonomi, pekerja, dan perusahaan kesulitan untuk kembali bangkit dari krisis dan berkontribusi terhadap pertumbuhan kawasan ini,” demikian disampaikan dalam ILO tersebut.

(Nad/IJS)

Bagikan:
BACA JUGA :  Anak Buah Irjen Napoleon Akui Mendapat Perintah Urus Red Notice Djoko Tjandra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *