Iran Larang Impor Vaksin Covid-19 dari AS dan Inggris

Ayatullah Ali Khamenei sumber: IJS Media Network
Bagikan:

Jakarta – Disaat negara lain berebut memborong vaksin Covid-19 dari berbagai negara. Pemimpin tertinggi Iran, Ayatullah Ali Khamenei justru melarang negaranya mengimpor vaksin dari Amerika Serikat (AS) dan Inggris.

“Impor vaksin AS dan Inggris ke negara itu dilarang. Saya telah memberitahukan hal ini kepada para pejabat dan saya akan mengatakannya di depan umum sekarang,” kata Khamenei dalam pidato yang disiarkan televisi pada Jumat (8/1/21).

Menurutnya, kedua negara tersebut justru memanfaatkan negara lain untuk melakukan pengujian vaksin. Selain itu, jika AS mampu memproduksi vaksin maka kasus Covid-19 di negara tersebut tidak terus melonjak.

BACA JUGA :  Anak Nonton Video Porno, Satu Keluarga Diasingkan ke Desa Terpencil

Dilansir AFP, pengalaman Iran terkait skandal pasokan darah yang mengandung virus HIV dari Prancis juga jadi alasan negara tersebut tidak mengimpor vaksin.

Iran kini tengah mengembangkan vaksin buatan dalam negeri. Pada Desember 2020, negara itu menggelar uji klinis vaksin.

Sanksi ekonomi yang diberikan AS membuat Iran kesulitan mendapatkan vaksin korona. Meskipun sanksi tersebut tidak berlaku bagi obat-obatan dan makanan, namun sejumlah bank dunia menolak pengirman uang dari Iran.

Saat ini Iran mencatat lebih dari 1.2 juta kasus Covid-19, dengan 56 ribu pasien meninggal. Mereka menjadi negara di Timur Tengah yang paling parah terdampak Covid-19. (ANS/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *