Israel Buka Kembali Kantor Penghubung di Maroko Pasca Normalisasi Hubungan

Israel, foto: the forward
Bagikan:

Jakarta – Israel telah menunjuk seorang diplomat untuk membuka kembali kantor penghubung di Maroko. Hal itu dinyatakan Kementerian Luar Negeri Israel beberapa hari setelah kedua negara sepakat normalisasi hubungan.

“Duta Besar Israel untuk Mesir, David Gorin akan menjadi kepala perwakilan di Rabat, Maroko dalam beberapa hari kedepan,” menurut seorang pejabat Israel, Dilansir AFP, Rabu (13/1/21).

Bacaan Lainnya

Pada Desember lalu, Maroko dan Israel menandatagani perjanjian normalisasi yang di tengahi Amerika Serikat di Rabat.

Maroko sebelumnnya sempat memiliki kantor penghubung di Tel Aviv, Israel. Namun kantor tersebut ditutup pada tahun 2000, tepatnya saat pemberontakan kedua dari Palestina berlangsung.

Perwakilan Maroko sempat mengunjungi bekas kantor penghubungnya dua pekan lalu. Kujungan itu dilakukan sebagai persiapan pembukaan kembali kantor itu.

Maroko merupakan satu dari tiga negara yang melakukan normalisasi hubungan dengan Israel melalui kesepakatan yang ditengahi AS. Sebelumnya, Uni Emirat Arab (UAE), Bahrain, dan Sudan sudah lebih dulu melakukan normalisasi hubungan dengan Israel.

Selain pembukaan kembali kantor penghubung, kesepakatan lain antara kedua negara ada pembukaan kedutaan besar.

Sedangkan Maroko akan memberikan akses penerbangan langsung menuju atau dari Israel bagi semua warga Israel.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Raja Maroko dan mengatakan bahwa rakyat dari kedua negara memili hubungan yang baik. Hal itu disampaikan Netanyahu dalam pidatonya yang disiarkan televisi setempat.

(ANS/IJS)

Bagikan:
BACA JUGA :  Kecelakaan Mobil Hingga Terguling, Tiger Woods Alamu Cedera Kaki Parah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *