Istana Tak Tahu Airlangga Positif Covid-19, Kemenko Perekonomian Berikan Jawaban

Airlangga Hartato menjadi pendonor plasma dalam 'Pencanangan Gerakan Nasional Pendonor Plasma Konvalesen
Airlangga Hartato menjadi pendonor plasma dalam 'Pencanangan Gerakan Nasional Pendonor Plasma Konvalesen pada Senin (18/1/2021). (Foto: Twitter / Airlangga)
Bagikan:

Jakarta – Heru Budi Hartono, Kepala Sekretariat Presiden tidak mengetahui mengenai Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto pernah terpapar Covid-19.

Publik mulai berdebat usai Airlangga menjadi pendonor plasma konvalesen. Pasalnya, Ketua Umum Fraksi Partai Golkar tak pernah diberitakan positif Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Kami sendiri tak mengetahui bila Pak Airlangga positif. Tidak ada pemberitahuan resmi untuk Setpres,” ujar Heru kepada media melalui pesan singkat, Selasa (19/1/2021).

Heru mengungkapkan, hal tersebut seharusnya menjadi urusan kementerian. Ia mengatakan, juru bicara kementerian terkait seharusnya menjadi pihak yang mengumumkan kesehatan Airlangga.

Ia menambahkan pihak Istana tidak bisa mengumumkan status kesehatan menteri secara sepihak dan harus mendapat konfirmasi resmi dari kementerian sebelum pengumuman.

“Semestinya, yang menyampaikan langsung dari pihak terkait atau pihak yang terpapar Covid-19,” katanya.

Sementara itu, Jubir Kemenko Perekonomian, Alia Karenina melalui keterangan tertulisnya mengatakan bahwa Airlangga sempat terinfeksi Covid-19.

“Kami tegaskan, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto pernah terdeteksi positif Covid-19 di tahun 2020 lalu. Meski demikian, kami telah menerapkan 3T (testing, tracing dan treatment) secara optimal,” tuturnya.

Alia Karenina mengungkapkan alasan Airlangga mau melakukan donor plasma konvalesen.

“Pak Airlangga mendonorkan plasma konvalesen sebagai bentuk rasa syukur karena sudah diberikan berkah kesehatan dari Tuhan dan sembuh dari COVID-19. Alasan kedua, Pak Airlangga mau membantu percepatan tingkat kesembuhan pasien COVID-19 lain,” imbuhnya.

“Tidak hanya itu, Pak Airlangga mengharapkan semakin banyak penyintas Corona yang mendonorkan plasma di masa yang akan datang,” tulisnya.

Sebagai informasi, Airlangga mengunggah foto tengah melakukan donor plasma dalam program Pencanangan Gerakan Nasional Pendonor Plasma Konvalesen di akun sosial media pribadinya.

(FWI/IJS)

Bagikan:
BACA JUGA :  Polri Telusuri Aktivitas Rekening FPI Bersama Densus 88, Terlalu Berlebihan?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *