Jangan Anggap Remeh Medical Check Up

Ilustrasi Medical Check Up. Foto: IJS
Bagikan:

Jakarta – Melakukan Medical Check Up (MCU) atau biasa disebut cek kesehatan secara rutin, dapat mengetahui perkembangan kesehatan seseorang. Namun kebanyakan orang takut melakukannya karena khawatir akan hasilnya, dan berobat ketika penyakit sudah mulai menyerang tubuh. Padahal mengetahui perkembangan kesehatan sedari dini dapat membantu dalam mengontrol gaya hidup.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultasi Alergi Imunologi Rumah Sakit (RS) Premier, dr. Prasna Paramitha, SpPD, K-AI menganjurkan, normalnya bagi seseorang yang telah berusia 35 tahun untuk melakukan MCU minimal sekali dalam setahun. Sedangkan bagi yang telah berusia kisaran 50 tahun keatas disarankan untuk melakukan MCU enam bulan sekali. Hal itu tergantung dari kondisi kesehatan masing-masing.

Terkait MCU, dr. Prasna, menganjurkan untuk melakukan pemeriksaan darah secara lengkap. Minimal melakukan pemeriksaan urin, asam urat,fungsi hati, profil, lipid, elektrolit, ginjal, dan kadar vitamin D.

Vitamin D sangat berperan dalam metabolisme tubuh. Sesorang yang kekurangan vitamin ini cenderung mudah mengalami alergi makanan dan lingkungan.

Sebelum MCU Anda tidak diperkenankan untuk minum obat dalam kurun waktu tertentu. Hal ini dikarenakan ada beberapa obat yang akan berdampak pada hasil tes darah. Namun apabila diharuskan minum obat terlebih dahulu, konfirmasika kepihak laboratorium.

Selain itu, sebelum melakukan MCU disarankan untuk puasa terlebih dahulu untuk memastikan keakuratan hasil tes darah. Lama waktu puasa tergantung dari jenis tes kesehatan yang akan dilakukan.

Jangan takut cek kesehatan ya. Lebih baik mencegah dari pada mengobati. (Zak/IJS)

 

Bagikan:
BACA JUGA :  Tak Seperti Bijinya, Kulit Melinjo Justru Ampuh Sembuhkan Asam Urat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *