Jangan Anggap Sepele, Senyum Bermanfaat Bagi Kesehatan

Manfaat Tersenyum. Foto: twitter/@_taemi
Bagikan:

Jakarta – Senyum tidak hanya membuat orang lain senang, namun juga membawa kegembiraan dalam diri. Sayangnya, di era modern seperti saat ini kebanyakan orang mulai pelit menebar senyum. Sifat individualis tampak lebih dominan dalam kehidupan masyarakat. Meskipun terlihat sepele, ternyata senyum sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Senyum dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tersenyum membuat tubuh seseorang lebih santai dan dapa tmengurangi kadar stress. Proses ini aka nmembuat sistem kekebalan tubuh bekerja lebih baik sehingga tubuh mampu memproduksi lebih banyak sel darah putih dan antibodi untuk melawan infeksi.

Siapa sangka, ternyata tersenyum membuat jantung lebih sehat. Senyum secara teratur dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan aliran darah, dan memperbaiki fungsi pembuluh darah. Hal ini dapat menurunkan resiko serangan jantung dan masalah kardiovaskular lainnya.

Tersenyumlah ketika Anda merasa sakit. Ketika senyum tubuh melepaskan hormon endorphin dan serotonin yang terkenal sebagai hormon kebahagiaan. Degan begitu persepsi Anda tentang rasa sakit akan berkurang.

Seyum menyehatkan paru-paru. Saat tersenyum dan tertawa, paru-paru akan mengembang dan terisi oksigen. Otomatis aliran oksigen masuk ke dalam paru-paru lebih banyak dan lancar. Proses ini mirip dengan gerakan yoga untuk menghilangkan stress. Paru-paru akan memompa darah yang kaya akan oksigens ehingga paru-paru lebih bersih dan sehat.

Ingin terlihat awet muda, maka tersenyumlah. Otot-otot yang digunakan untuk tersenyum bisa membantu mengangkat wajah sehingga membuat orang tampak lebih awet muda.

Sudahkan Anda tersenyum hari ini? (Zak/IJS)

Bagikan:
BACA JUGA :  Coba Atasi Rasa Cemas dengan Lima Makanan Ini

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *