Jangan Khawatir Keamanan Vaksin Terjaga, Bustami: Kehalalannya Dijamin MUI

Anggota Komite II DPD RI Bustami Zainudin
Anggota Komite II DPD RI Bustami Zainudin
Bagikan:

LAMPUNG – Anggota Komite II DPD RI Bustami Zainudin menegaskan Pemerintah telah mengambil kebijakan menggunakan vaksin COVID-19, produk perusahaan Sinovac, pada vaksinasi tahap pertama. Program Vaksinasi merupakan bentuk kecintaan pemerintah kepada rakyat.

Hingga saat ini, sudah hampir satu tahun pandemi virus itu terjadi di Tanah Air. Dan Provinsi Lampung telah menerima secara keseluruhan 40.520 dosis vaksin yang rencananya disebarkan ke 15 kabupaten/kota di wilayah itu, setelah izin dari BPOM keluar dan dinyatakan halal oleh MUI.

“Maka saya berharap hapus keraguan keraguan tentang vaksin untuk memutus mata rantai penularan virus corona jenis baru. Ini bentuk kecintaan pemerintah kepada rakyat,” tutur Bustami Zainudin dalam keterangan resminya, Senin (17/1/2021).

Vaksinasi merupakan salah satu ikhtiar dari pemerintah guna memutus mata rantai penularan COVID-19 di Indonesia. “Vaksinasi, memang bukan pengobatan, akan tetapi cara yang ditempuh negara dalam melindungi warganya,” imbuh mantan Bupati Way Kanan dua periode ini.

Bagi Bustami, sudah tidak ada yang perlu didebatkan lagi terkait dengan vaksin tersebut karena BPOM telah mengeluarkan izin penggunaan darurat, sedangkan fatwa halal terhadap vaksin COVID-19 Sinovac juga sudah dikeluarkan MUI.

“Oleh karena itu, dia berharap, umat tidak perlu ragu dan takut untuk mengikuti program vaksinasi guna mengakhiri penularan virus. Seperti yang dilihat bahwa Presiden Joko Widodo telah melakukan vaksinasi pertama dengan vaksin COVID-19 yang sama dengan yang akan disuntikkan kepada tenaga kesehatan dan masyarakat,” jelas Bustami.

Dengan begitu, Bustami berharap, semua elemen masyarakat dapat mendukung suksesnya program vaksinasi. “Hal itu, merupakan bentuk cinta dan kasih sayang pemerintah kepada masyarakat, termasuk di Lampung. Ayo bergandengan tangan, agar ikhtiar ini membuahkan hasil maksimal,” jelasnya.

BACA JUGA :  Singgung Dua RUU, Ajbar: Usulan Ini Jadi Prioritas Penguatan Daerah

Bustami berharap, pandemi ini cepat berakhir sehingga masyarakat dapat menjalani aktivitas secara normal. “Sekali lagi kita tak perlu ragu dan takut divaksin sebab sudah dinyatakan aman dan halal oleh instansi terkait. Program vaksinasi ini merupakan upaya pemerintah agar warganya tetap sehat dan memiliki kekebalan tubuh yang kuat sehingga tidak mudah terkena virus,” terangnya.

Bustami Zainudin meminta Pemerintah daerah harus memasang strategi dan sosialisasi yang masif terkait dengan vaksinasi COVID-19, sebab masih ada sebagian warga yang ragu dan mengutamakan ego dengan tidak ingin divaksin.

“Padahal, keamanan vaksin COVID-19 Sinovac tersebut telah dijamin oleh BPOM dan kehalalannya oleh MUI. Dan saya meminta masyarakat jangan sampai mudah termakan hoaks (Kabar bohong) terkait dengan vaksinasi COVID-19 Sinovac,” pungkasnya. (ijs/ful)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *