Jelang Natal dan Tahun Baru Harga Cabai Meroket

Bagikan:

TEGAL, KOMPAS.TV – Seperti pantauan di pasar pagi Kota Tegal pada, sabtu siang. Kenaikan harga terjadi pada jenis cabe merah keriting, cabai merah besar, dan cabai rawit merah. Saat ini, harga cabe merah keriting, cabai merah besar dan cabai rawit merah dijual Rp. 60 ribu per kilogram.

Ketiga jenis cabai tersebut mengalami kenaikan hingga seratus persen dari harga sebelumnya. Sepekan lalu, harga tersebut hanya di kisaran Rp. 30 ribu per kilogram. Kenaikan harga terjadi secara berangsur angsur dari hari ke hari hingga menjelang perayaan natal.

Kenaikan yang tidak terlalu besar terjadi pada cabe hijau besar, cabe jenis ini hanya mengalami kenaikan lima ribu rupiah per kilogram. Dari harga lima belas ribu rupiah, naik menjadi dua puluh ribu rupiah per kilogram. Naiknya harga berbagai jenis cabai ini dikeluhkan sejumlah pedagang.

Tak hanya para pedagang, sejumlah konsumen juga mengeluhkan naiknya harga cabai. Selain ibu rumah tangga, para penjual olahan masakan yang menggunakan bahan utama cabai juga ikut terdampak. Konsumen mengeluh, karena menyebabkan biaya pengeluaran membengkak.

Tidak hanya cabe, kenaikan juga terjadi pada daging ayam potong dan telur ayam. Harga daging ayam potong saat ini, di kisaran empat puluh ribu rupiah per kilogram. Sebelumnya harga daging ayam potong dijual antara Rp. 33 ribu hingga Rp. 36 ribu per kilogram.

Sumber : Youtube/KOMPASTV

Bagikan:
BACA JUGA :  PLN Gratiskan Biaya Sambung Listrik Untuk Korban Gempa

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *