Jepang dan Indonesia Teken Perjanjian Pengalihan Senjata dan Teknologi Pertahanan

Jepang dan Indonesia jalin Kerja Sama dalam Bidang Militer (foto: dokumen Kemenhan)
Bagikan:

Tokyo – Jepang sepakat menjalin kerja sama dengan Indonesia dalam bidang hubungan keamanan dan akan memfasilitasi senjata serta teknologi pertahanan, Selasa (30/3/21).

“Saya pikir ini pertama dalam sejarah hubungan bilateral antara Jepang dan Indonesia,” kata Menteri Pertahanan Indonesia, Prabowo Subianto dikutip Reuters.

Bacaan Lainnya

“Kami mengajak pihak Jepang untuk berpartisipasi dalam modernisasi kapasitas pertahanan Indonesia. Kami juga mendorong pelatihan bersama angkatan laut dan juga darat,” tambahnya.

Pernyataan itu disampaikan Prabowo di Tokyo setelah pertemuan bersama Menteri Luar Negeri dari kedua negera.

Sementara itu Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi mengatakan, Jepang dan Indonesia memiliki prinsip yang sama dalam menjunjung demokrasi, penegakan hukum, dan kebebasan berekspresi.

Selain kesepakatan tersebut, kedua negara juga membahas situasi di Laut China Timur dan Laut China Selatan.

“Kami bertukar pandangan tentang situasi di Laut Cina Timur dan Selatan dan berbagi keprihatinan yang serius tentang kelanjutan dan penguatan upaya sepihak untuk mengubah status quo dengan kekerasan,” katanya

Kishi menyampaikan keprihatinan terkait undang-undang baru China yang secara eksplisit memberikan kekuasaan luas kepada penjaga pantai Negeri Tirai Bambu dalam mempertahankan klaim di laut.

Ia juga menegaskan bahwa UU China tersebut tak sejalan dengan hukum internasional.

(ANS/IJS)

Bagikan:
BACA JUGA :  Penembakan Tiga Panti Pijat di Atlanta, 8 Orang Tewas

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *