Joe Biden dan Kamala Harris Lakukan Penghormatan Didepan Lincoln Memorial

Malam Penghormatan Korban Meninggal Akibat Covid-19 oleh Joe Biden dan Kamala Harris sumber: instagram
Bagikan:

Jakarta – Presiden Terpilih Amerika Serikat (AS) bersama Wakilnya, Joe Biden dan Kamala Harris melakukan penghormatan nasional kepada 400,000 warga AS yang meninggal dunia akibat Covid-19 pada malam sebelum pelantikan keduanya, Selasa (19/1/21).

Penghormatan tersebut dilakukan didepan Lincoln Memorial, Washington DC dengan menyalakan 400 lampu sebagai bentuk penghormatan bagi korban meninggal akibat pandemi itu.

“Kadang-kadang sulit untuk mengingat, tapi begitulah cara kita menyembuhkan. Penting untuk melakukan itu sebagai sebuah bangsa,” kata Biden dalam sambutan singkatnya, dikutip CNN.

Kamala Harris mengatakan dalam pidato singkatnya, jika sudah berbulan-bulan berduka sendiri, pada malam penghormaatan tersebut ia yakinkan warga AS jika negaranya bisa bangkit dan mengilangkan pandemi ini secara bersama-sama.

Amerika Serikat menjadi negara dengan kasus dan kematian akibat virus korona tertinggi di dunia. Menurut data statistik Worldometer per Rabu (20/1), AS memiliki 24,78 juta kasus Covid-19 dengan total 411 ribu kematian.

AS masih mencatat lonjakan penularan corona baru. Dalam sehari pada Selasa, AS mencatat 153.536 kasus corona baru.

Biden meninggalkan negara bagian asal mereka di Delawere dan akan melakukan pelantikannya di Gedung Putih hari ini.

Pelantikan ini akan dijaga dengan pengamanan ketat. Ini merupakan upaya AS agar tidak terjadi bentrokan susulan pasca kerusuhan di Gedung Capitol beberpa pekan lalu.

Hanya sejumlah orang yang diizinkan hadir ke National Mall untuk menyaksikan pelantikan. Berbeda dengan sebelumnya yang dapat disaksikan oleh ratusan warga AS.

(ANS/IJS)

Bagikan:
BACA JUGA :  PM Italia Mengundurkan Diri di Tengah Krisis Ekonomi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *