Jokowi: Indonesia, Salah Satu Negara yang Berhasil Kendalikan Pandemi Covid-19

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Setkab)
Bagikan:

Jakarta – Presiden RI Joko Widodo mengapresiasi, Indonesia menjadi salah satu negara yang sukses mengendalikan krisis akibat pandemi Covid-19.

Jokowi menyebutkan, ada dua krisis yang ditimbulkan pandemi, yaitu krisis kesehatan dan krisis ekonomi. Mantan Wali Kota Solo mengaku, dua krisis itu telah mampu ditangani Indonesia.

“Kita patut mensyukuri, negara Indonesia merupakan salah satu negara yang mampu mengendalikan krisis ekonomi dan kesehatan sekaligus dengan cukup baik,” ujar Jokowi saat memberikan sambutan daring pada Sidang Pekerja Lengkap Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (MPL-PGI), Senin (25/1/2021).

Kendati demikian, Jokowi menilai permasalahan belum selesai. Terutama, kata dia, permasalahan di sektor kesehatan.

“Saya mengingatkan, protokol kesehatan tetap harus diterapkan dengan baik. Pemerintah saat ini masih mengupayakan untuk menangani krisis kesehatan yang belum kunjung selesai,” tutur Jokowi.

Ia menambahkan, salah satu jalan yang akan ditempuh adalah vaksinasi. Pemerintah telah menyiapkan vaksin secara massal dalam beberapa waktu dekat ini.

Kami sudah memesan 426 juta dosis vaksin dari empat perusahaan yang berbeda. Pemerintah juga telah menyediakan 3 ribu rumah sakit yang mendukung vaksinasi, 10 ribu puskesmas dan 30 ribu vaksinator untuk 181 juta penduduk di Indonesia,” papar Mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Sebelumnya, Jokowi juga meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk memperbaiki upaya dalam pencegahan penyebaran virus Covid-19 di Indonesia.

Jokowi mengingatkan, penerapan protokol kesehatan itu sangat penting. Akan tetapi, upaya 3T (testing, tracing, treatment) juga perlu ditekankan karena melihat lonjakan kasus Covid-19 yang mulai mengkhawatirkan.

“Saya memerintahkan, terus melakukan 3T untuk langkah pencegahan. Program 3T harus dievaluasi dan diperbaiki segera,” ujar Jokowi di Kompleks Istana, Jakarta, Kamis (21/1/2021).

Jokowi menyarankan agar pemerintah menggencarkan kampanye protokol kesehatan. Ia meyakini kedisiplinan masyarakat juga jadi kunci penanganan pandemi.

BACA JUGA :  Tahun 2020 Polusi Udara Sebabkan 13 Ribu Kematian di Jakarta

Mantan Wali Kota Solo ini meminta jajarannya untuk terus mengampanyekan pemakaian masker, jaga jarak, dan cuci tangan. Menurut Jokowi, hal itu jadi bagian penanganan pandemi dalam jangka pendek.

“Saya perintah, semua bergerak untuk mengedukasi rakyat betapa pentingnya kedisiplinan terhadap protokol kesehatan,”ujar Mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

(FWI/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *