Jokowi Resmi Rombak Kabinet, Berikut Nama-nama Menterinya

Bagikan:

Jakarta – Akhirnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melakukan perombakan kabinetnya atau reshuffle kabinet sore ini, Selasa (22/12/2020).

Bertempat di Veranda, Istana Negara, Jokowi yang didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengumumkan 6 orang menteri baru di cabinet Indonesia Maju jilid 2.

“Pada sore hari yang berbahagia ini.  Saya bersama bapak wakil presiden ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota kabinet Indonesia maju,” uca Jokowi, dalam konferensi persnya.

Menteri pertama yang diperkenalkan oleh Jokowi adalah Tri Rismaharini, yang sebelumnya menjabat sebagai Wali Kota Surabaya, Jawa Timur.

“Ibu Tri Rismaharini kita akan berikan tanggung jawab untuk menjadi menteri sosial,” ucap Jokowi.

Menteri kedua adalah Sandiaga Salahuddin Uno, yang sebelumnya adalah mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta sekaligus mantan ‘lawan kontestasi’ Jokowi dalam Pilpres 2019.

“Saya ingin mengenalkan, Bapak Sandiaga Salahuddin Uno. Beliau adalah mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta dan ketua umum Hipmi. Beliau akan kita memberikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” kata Jokowi.

Menteri ketiga yang diperkenalkan adalah Budi Gunadi Sadikin yang sebelumnya merupakan seorang bankir.

“Beliau sebelumnya adalah Direktur Utama Bank Mandiri, kemudian menjadi Direktur Utama Asahan Aluminium, dan Wakil Menteri BUMN. Sekarang kami beri tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Kesehatan,” ucap Presiden Jokowi.

Menteri keempat yang diperkenalkan Jokowi adalah Yaqut Cholil Qoumas yang sebelumnya adalah Ketua GP Anshor.

“Beliau adalah tokoh muslim, Ketua GP Ansor, dan akan kita berikan tanggung jawab sebagai menteri agama,” katanya.

Menteri kelima yang diperkenalkan Jokowi adalah Sakti Wahyu Trenggono yang sebelumnya adalah Wakil Menteri Pertahanan, dan Bendahara Umum Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin.

BACA JUGA :  Penetapan Suharso Monoarfa Jadi Ketum PPP Diwarnai Hujan Interupsi

“Beliau sekarang memegang jabatan sebagai wakil menteri pertahanan. Kita akan beri tanggung jawab sebagai menteri Kelautan dan Perikanan,” katanya.

Dan, Menteri terakhir yang diperkenalkan Jokowi adalah Muhammad Lutfi. Selain seorang pengusaha, suami dari artis Bianca Adinegoro pernah menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Indonesia dan Menteri Perdagangan di masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan sebagai Duta Besar di masa pemerintahan SBY maupun Jokowi.

“Bapak Muhammad Lutfi pernah menjabat sebagai kepala BKPM, Menteri Perdagangan, Dubes RI untuk Jepang, dan terakhir sebagai Dubes RI di Amerika Serikat. Sekarang akan diberikan tugas sebagai Mendag,” kata Presiden Jokowi.

Berikut daftar 6 Menteri baru yang diumukan oleh Jokowi sore ini:

Menteri Sosial: Tri Rismaharini

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Sandiaga Uno

Menteri Kesehatan: Budi Gunadi Sadikin

Menteri Agama: Yaqut Cholil Qoumas

Menteri Kelautan dan Perikanan: Wahyu Sakti Trenggono

Menteri Perdagangan: M Lutfi

Dan rencananya, keenam Menteri yang baru diperkenalkan Jokowi tersebut akan dilantik besok pagi, Rabu (23/12/2020)

(Nad/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *