Jubir Vaksinasi Covid-19: Presiden akan Jadi Orang Pertama yang Terima Vaksin

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi). (
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Setkab.go.id)
Bagikan:

Jakarta – Presiden RI, Joko Widodo akan menjadi orang pertama yang menerima vaksin Covid-19 di Indonesia.

Juru Bicara Program Vaksinasi Covid-19, Siti Nadia Tarmizi memastikan Jokowi akan menggunakan vaksin buatan China, Sinovac.

Bacaan Lainnya

“Ya, Jokowi akan menggunakan vaksin Sinovac. Namun, tetap harus menunggu emergency use of authorization (EUA) dari BPOM,” ujarnya dikutip dari Tempo.

Awalnya, Jokowi berencana disuntik pada 13 Januari 2021. Meski demikian, vaksin Sinovac masih menunggu hasil klinis tahap ke-3 untuk dipastikan aman dan efektif untuk digunakan masyarakat.

Bila sudah keluar hasil uji klinis ketiga, BPOM akan segera menerbitkan EUA agar bisa digunakan dan diberi izin nutuk beredar.

“Kami telah merencakan pada 13 Januari sesuai dengan planning awal. Namun, hal tersebut tetap harus disesuaikan dengan izin BPOM,” ujar Nadia.

Sementara itu, postingan Jokowi perihal pendistribusian vaksin Covid-19 masuk dalam tiga besar trending Instagram pada pukul 12:09, Kamis (07/01/2021).

Vaksin tersebut sudah ada dan mulai didistribusikan ke berbagai daerah. Namun, pemerintah masih menunggu izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan proses kajian halal Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Setelah izin lengkap, pemerintah akan membagikan vaksinasi secara gratis bagi seluruh rakyat Indonesia dengan beberapa tahapan.

Jokowi menginginkan masyarakat percaya vaksin ini aman dan halal. Oleh karena itu, mantan Wali Kota Solo tersebut akan menjadi orang pertama yang disuntik untuk membuktikan kepada rakyatnya.

“Bukan hendak mendahulukan diri sendiri, tetapi agar semua yakin dengan vaksin ini,” tulisnya di akun instagram pribadinya.

BACA JUGA :  Disebut Mengandung Babi, Para Kiai di Jatim Dukung Penggunaan AstraZeneca

Postingan tersebut, menurut tangkapan mesin Sciograf, berhasil mencuri perhatian warganet sebanyak 1.928 comments dan 113.000 likes. Beberapa warganet meminta agar proses vaksinasi segera dilakukan.

Akun @aemphrits mengatakan, semoga saya sekeluarga bisa mendapatkan vaksinnya.

“Kalau kita ingin hidup normal lagi pak,” tulis @fatmanadhifa2290.

“Sehat selalu Bapak Presiden, semoga tahun 2021 kembali normal dan semua dapat beraktivitas dengan kesibukan masing-masing,” tulis @kinwyda34. (FWI/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 Komentar