Kasus RS UmmI, Rizieq Shihab dan Menantu Diperiksa Penyidik Hari Ini

Menantu Rizieq Shihab, Hanif Alatas (sumber foto: jabungonline.com)
Bagikan:

Jakarta – Bareskrim Polri memeriksa tiga tersangka kasus swab mantan pentolan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS), Hanif Alatas dan Deirektur Utama Rumah Sakit (RS) Ummi Bogor, Andi Tatat.

“Hari ini di Bareskrim pukul 09.00 WIB,” kata Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Pol Andi Rian Djajadi soal jadwal pemeriksaan Rizieq Shihab, di Jakarta, Jumat (15/1/2021).

Andi Tatat dan Hanif Alatas sudah mengonfirmasi akan memenuhi panggilan penyidik hari ini. Sementara HRS saat ini sedang berada di Rutan Bareskrim Polri usai kemarin dipindahkan dari Rutan Polda Metro Jaya.

“Sudah konfirmasi hadir,” tegasnya.

Ketiganya diduga menghalang-halangi proses penanggulangan wabah virus korona. Hal itu terkait dengan pelaksanaan tes swab HRS di RS Ummi Bogor, Jawa Bogor.

BACA JUGA :  Pemprov DKI Dapat Dividen Rp300 Miliar dari Bir Anker

Diketahui hasil tes swab HRS positif virus korona, namun dirinya menyebarkan berita bohong dengan mengaku hasilnya negatif. Dalam kasus ini, ketiganya dijerat pasal berlapis dengan ancaman maksimal 10 tahun penjara.

Ketiga tersangka dijerat Pasal 14 Ayat 1 dan 2 Undang-Undang Nomor 4/1984 rentang Wabah Penyakit. Pasal 14 Ayat 1 berbunyi: Barang siapa dengan sengaja menghalangi pelaksanaan penanggulangan wabah sebagaimana diatur dalam undang-undang ini, diancam dengan pidana penjara selama-lamanya satu tahun dan atau denda setinggi-tingginya Rp1 juta.

Pasal 14 ayat 2 berbunyi: Barang siapa karena kealpaannya mengakibatkan terhalangnya pelaksanaan penanggulangan wabah sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini, diancam dengan pidana kurungan selama-lamanya enam bulan dan atau denda setinggi-tingginya Rp500 ribu.(AEE/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *