Keuangan Syariah, Indonesia Nomor Dua Terbesar Di Dunia

Bagikan:

Jakarta – Tingginya minat masyarakat mempercayakan pengelolaan dananya kepada sistem keuangan syariah di Indonesia, membuat industri perbankan syariah dan lembaga keuangan syariah tumbuh pesat dan maju.

Hal ini yang kemudian menjadi pertimbangan Islamic Finance Development Indicator (IFDI) menempatkan industri keuangan syariah Indonesia di posisi kedua dunia pada tahun ini atau naik 2 peringkat dari tahun lalu.

Posisi Indonesia ini di bawah Malaysia yang memang industri keuangan syariahnya lebih kuat dibandingkan dengan yang konvensional

Head of Islamic Finance Refinitiv, Mustafa Adil menyebut, peningkatan tersebut didorong oleh dukungan pemerintah Indonesia yang gencar melakukan sosialisasi dan edukasi terkait industri maupun produk keuangan syariah.

Tak hanya melihat ukuran industri keuangan syariah itu sendiri, Mustafa menyebut indikator lainnya yang digunakan untuk mengukur pertumbuhan adalah edukasi dan kesadaran masyarakat akan industri keuangan syariah.

“Indonesia menunjukkan perkembangan yang sangat baik dalam hal edukasi dan kesadaran masyarakat. Pemerintah Indonesia juga bekerja baik dan ini diikuti oleh tren serupa di pasar syariah lainnya,” ungkap Mustafa dalam press briefing daring, Selasa (15/12) kemarin.

Meski begitu, menurutnya masih ada beberapa hal yang harus dibenahi Indonesia jika ingin menjadi kekuatan keuangan syariah terbesar. Salah satunya, memperbaiki sektor perbankan syariah.

Saat ini, perbankan syariah Indonesia menduduki posisi ketiga dunia. Indonesia perlu melakukan perbaikan yang signifikan.

“Saat ini Indonesia menduduki posisi ketiga dalam hal aset perbankan syariah secara global dan terdapat perbaikan signifikan yang bisa dilakukan,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia juga menyebut potensi tersebut mulai disadari oleh pemerintah Indonesia. Salah satu contohnya, mulai dibentuknya bank syariah induk hasil merger tiga bank syariah BUMN.

(Nad/IJS)

BACA JUGA :  Dicurigai Sebagai Mata-mata, China Tangkap Wartawan Bloomberg

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *