Klaster Keluarga, 18 Orang Positif COVID-19 Usai Perayaan Ulang Tahun

Bagikan:

Sebanyak 18 orang dalam satu keluarga di Kabupaten Cianjur terkonfirmasi positif COVID-19. Mereka terpapar usai menggelar acara ulang tahun salah seorang anggota keluarganya.

Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Cianjur Yusman Faisal, mengatakan temuan klaster keluarga pertama di Cianjur itu bermula ketika salah seorangnya memeriksa kesehatan lantaran mengalami kehilangan fungsi penciuman.

Petugas pun melakukan swab lantaran pasien tersebut menunjukkan gejala yang mengarah COVID-19.

“Hasilnya terkonfirmasi positif COVID-19,” kata dia, Selasa (24/11/2020).

Setelah ditelusuri lebih lanjut, ungkap Yusman, beberapa hari sebelumnya pasien tersebut menggelar acara ulang tahun dengan mengundang anggota keluarganya.

Sebanyak 18 orang yang berkontak erat pun diswab test dan ternyata hasilnya juga menunjukkan COVID-19.

“Total ada 18 orang dari satu keluarga di Kecamatan Cianjur tersebut yang terkonfirmasi positif COVID-19. Ini jadi klaster keluarga pertama di Cianjur yang berawal dari acara perayaan ulang tahun,” kata dia.

Menurutnya sebanyak 10 orang sudah dibawa ke isolasi khusus di Vila Bumi Ciherang, sedangkan 8 orang lainnya menolak untuk dibawa dan memilih isolasi mandiri di rumah.

“Yang 8 orang sudah kami bujuk, tapi menolak. Memilih isolasi di rumah dengan dipantau intens oleh petugas dari puskesmas,” ujar dia.

Yusman meminta masyarakat untuk tidak menggelar kegiatan yang menimbulkan kerumunan, meskipun untuk keluarga. “Penyebaran COVID-19 kini terjadi secara sporadis, sulit dideteksi. Makanya lebih baik menghindari adanya kerumunan. Tetap aptuhi protokol kesehatan,” kata dia.

Bagikan:
BACA JUGA :  ASN di Babel Meninggal Positif Corona, Alexander Fransiscus: Satgas Jangan Loyo Tracing

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *