Komite I DPD RI Apresiasi Program Subsidi Gaji yang Telah Disalurkan ke 12 Juta Pekerja

Bagikan:

JAKARTA – Anggota Komite I DPD RI Ahmad Bastian SY memberi apresiasi kepada pemerintah yang telah menyalurkan bantuan subsidi upah/gaji (BSU) kepada 12 juta lebih pekerja hingga Desember 2020. Ia juga mendukung agar program subsidi gaji kepada pekerja saat pandemi virus Corona (Covid-19) dilanjutkan pada 2021.

“Komite I DPD RI mengapresiasi penyaluran bantuan subsidi gaji untuk karyawan bergaji di bawah Rp 5 juta yang telah direalisasikan kepada 12 juta pekerja. Subsidi upah tersebut membantu pemenuhan kebutuhan pokok penduduk yang terdampak pandemi,” ungkap Ahmad Bastian, Selasa (19/1/2021).

Bacaan Lainnya

BSU merupakan salah satu program jaring pengaman sosial dari pemerintah untuk membantu masyarakat selama pandemi Covid. Peserta program ini mendapatkan bantuan Rp 2,4 juta yang disalurkan dalam 2 gelombang. Setiap termin, masing-masing pekerja mendapat Rp 1,2 juta. Total ada 413.649 perusahaan yang pekerjanya mendapat bantuan subsidi gaji pada 2020.

BACA JUGA :  Masyarakat Lampung Diimbau Peringati Isra Miraj Nabi Muhammad Secara Sederhana

Pemerintah menyalurkan BSU gelombang pertama pada September-Oktober 2020 dengan total nilai Rp 14.751.760.800.000. Kemudian penyaluran gelombang kedua direalisasikan pada November-Desember dengan nilai Rp 14.693.022.800.000. Total subsidi gaji yang tersalurkan sebanyak 98,91% dari target.

“Pemerintah melaporkan total anggaran yang tersalurkan untuk program BSU ini sebesar Rp 29,4 triliun. Program ini sangat membantu para pekerja, karena kita tahu ada banyak tenaga kerja yang gaji dipotong karena dampak pandemi,” sebut Bastian.

Pemotongan gaji karyawan tidak hanya berdampak pada pekerja itu sendiri. Sebab bagi karyawan yang menghidupi keluarganya, pemotongan gaji dirasa sangat memberatkan. Ini menjadi salah satu masalah penduduk Indonesia, yang menjadi concern Komite I DPD.

“Bantuan subsidi gaji kepada 12,4 juta pekerja dari pemerintah membantu meminimalisir dampak pandemi Corona terhadap kehidupan penduduk Indonesia. Komite I DPD menilai langkah tersebut sangat berpihak kepada rakyat kecil,” kata Bastian.

Pemerintah memberi sinyal akan memperpanjang program BSU pada 2021. Bastian memberi dukungan agar subsidi gaji kepada karyawan dengan tingkat penghasilan kecil tersebut bisa berlanjut.

“Program BSU sangat membantu masyarakat. Dengan adanya subsudi gaji, kita harapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat sehingga perlahan roda ekonomi Indonesia yang sempat terhempas karena pandemi bisa kembali berputar,” tutur senator Dapil Lampung itu.

Para pekerja yang berhak mendapat BSU diminta untuk seksama memenuhi syarat agar bisa mendapat subsidi gaji. Sebab pada pemberian BSU sebelumnya, ada sekitar 150 ribu pekerja yang tidak mendapatkan haknya terhadap BSU karena masalah admnistrasi.

“Pastikan lagi data sudah valid dan tidak terkendala, termasuk mengecek ulang ke bagian divisi kepegawaian atau keuangan perusahaan. Sehingga jika program BSU berlanjut, pekerja yang berhak bisa menerima subsidi gaji dari pemerintah,” imbau Bastian.

Bastian berharap agar penerima subsidi gaji bisa memanfaatkan BSU sebaik-baiknya. Ia mengingatkan daya beli masyarakat penting untuk ditumbuhkan kembali agar bisa membantu perekonomian Indonesia.

BACA JUGA :  Jalan Pantura Ambles, Jalur Nasional Jadi Macet

“Penerima BSU bisa membelanjakan uangnya di warung-warung kecil, ultra mikro serta UMKM yang ada di sekitarnya, dengan demikian produksi UMKM mulai bergerak karena ada pembelian,” ujar Bastian.

Meski begitu, mantan Anggota DPRD Lampung Selatan tersebut tetap meminta para pekerja tidak hanya mengandalkan bantuan dari pemerintah. Bastian mengingatkan, negara memiliki batas kemampuan.

“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk segera bangkit dari keterpurukan ini dengan semangat bekerja dan berusaha, meski pandemi masih ada. Semoga dengan program vaksinasi Covid yang sedang berlangsung, kehidupan bisa kembali normal,” pungkasnya. (ijs/elz)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *