Komjen Listyo Sigit Calon Tunggal Kapolri, Senator Bastian: Beliau Banyak Prestasi

Bagikan:

JAKARTA– Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyetor nama Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri ke DPR. Anggota Komite I DPD RI Ahmad Bastian SY meminta semua pihak memberi dukungan atas keputusan Presiden Jokowi.

“Presiden sudah memutuskan dan saya yakin pilihan tersebut pilihan terbaik. Saya rasa semua seharusnya memberi dukungan keputusan Pak Jokowi yang memilih Komjen Listyo Sigit sebagai calon tunggal Kapolri,” ungkap Ahmad Bastian, Kamis (14/1/2021).

Bastian menilai Komjen Listyo Sigit merupakan sosok yang mumpuni untuk menjadi Kapolri. Ia menyebut, banyak prestasi jenderal bintang tiga yang kini menjabat sebagai Kabareskrim itu.

“Banyak kasus menonjol yang ditangani Komjen Listyo Sigit ya. Di bawah kepemimpinan beliau, Bareskrim berhasil menangkap Djoko Tjandra yang sudah buron 11 tahun lamanya dalam kasus hak tagih Bank Bali. Bahkan Komjen Sigit yang langsung membawa pulang Djoko Tjandra dari Malaysia,” ucap Bastian.

Bastian juga merinci sejumlah kasus besar yang berhasil ditangani Komjen Listyo Sigit. Beberapa di antaranya adalah kasus Kebakaran Gedung Kejaksaan Agung hingga kasus pelanggaran protokol kesehatan Covid di sejumlah wilayah.

“Jangan lupa, 2 pelaku kasus penyiraman air keras penyidik senior KPK Novel Baswedan ditangkap di masa kepemimpinan Komjen Sigit juga sebagai Kabareskrim,” katanya.

Sebelum resmi menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis yang akan pensiun pada 1 Februari nanti, Komjen Listyo Sigit harus melalui rangkaian pengujian di DPR. Komjen Listyo Sigit harus menjalani fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR sebelum disetujui menjadi Kapolri baru.

“Komite I DPD RI mendorong agar DPR segera melaksanakan fit and propet test sehingga Komjen Listyo Sigit bisa dilantik sebagai Kapolri sesuai jadwal pensiun Jenderal Idham Azis,” tutur Bastian.

BACA JUGA :  BMKG Ingatkan Potensi Air Pasang Setinggi 3 Meter di Batam Siang Ini

Nama Komjen Listyo Sigit sendiri merupakan salah satu dari lima nama yang direkomendasikan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) kepada Jokowi. Empat nama jenderal bintang 3 lainnya yang direkomendasikan kepada Jokowi adalah Komjen Listyo Sigit, empat nama lainnya adalah Komjen Boy Rafli Amar, Komjen Gatot Eddy Pramono, Komjen Arief Sulistyanto, dan Komjen Agus Andrianto.

“Sesuai UU No 2 tahun 2002 tentang Kepolisian RI, Kapolri diangkat dan diberhentikan presiden dengan persetujuan DPR RI. Jadi penunjukan nama calon Kapolri merupakan hak presiden,” tegas Bastian.

Senator Dapil Lampung ini pun yakin meski Komjen Listyo Sigit menyalip 4 angkatan para seniornya di Polri, mantan ajudan Presiden Jokowi tersebut dapat mengatasi masalah senioritas. Bastian yakin Komjen Listyo Sigit akan menunjukkan banyak prestasi saat menjadi Kapolri.

“Saya yakin Komjen Listyo Sigit bisa meredam berbagai konflik yang terjadi belakangan ini sehingga kita harapkan agar terciptanya ketertiban umum,” sebutnya.

Bastian mengatakan, Komite I DPD yang salah satu bidangnya mengurusi masalah ketertiban umum ini akan mengikuti proses pergantian Kapolri secara seksama. Ia juga mengucapkan apresiasi kepada Jenderal Idham Azis yang akan purna tugas.

“Jenderal Idham Azis telah menunjukkan pengabdian terbaiknya. DPD RI mengucapkan terima kasih. Semoga pergantian Kapolri ini bisa berjalan lancar,” tutup Bastian. (ijs/elz)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar