Kuaci, Kecil-kecil Kaya Nutrisi Penting Bagi Tubuh

Camilan kuaci dari biji bunga matahari. (Foto: .minews.id)
Bagikan:

Jakarta – Cemilan kuaci ternyata menyehatkan karena mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan. Dengan mengonsumsinya, tubuh akan mendapatkan berbagai nutrisi dan mineral.

Ada beberapa jenis kuaci di pasaran. Jenis itu berdasarkan bahan baku, yakni bunga matahari, biji semangka, dan biji labu.

Bacaan Lainnya

Kandungan nutrisi dalam kuaci antara lain lemak tak jenuh atau lemak baik, asam linoleat, vitamin E,vitamin B, fosfor, kalium, kalsium, natrium, magnesium dan folat. Selain itu kuaci juga mengandung asam amino, serat, protein, asam klorogenat, zinc, fenol, selenium dan Tryptophan.

BACA JUGA :  Satelit NASA Deteksi Ledakan Besar di Matahari, Astronom Sebut Berdampak ke Bumi

Lantas apa saja manfaat yang diperoleh dengan mengonsumsi kuaci. Berikut ulasannya.

1. Anti kanker

Salah satu manfaat mengonsumsi kuaci, yakni mencegah penyakit kanker. Ini karena kuaci mengandung selenium yang dipercaya dapat menurunkan risiko serangan berbagai jenis kanker seperti kanker kolon, kandung kemih, dan prostat.

2. Jaga tulang

Kuaci memiliki kandungan mineral yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang. Di antaranya kalsium, magnesium, dan tembaga. Selain itu kandungan vitamin E dalam kuaci bermanfaat meredakan rasa nyeri akibat rematik.

BACA JUGA :  Lima Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki

3. Kesehatan kulit

Kuaci mengandung vitamin E yang bermanfaat menyehatkan kulit. Vitamin E dapat melindungi kulit dari paparan dan efek negatif dari sinar ultraviolet matahari.

Vitamin E juga baik untuk kesehatan jantung karena berfungsi sebagai antioksidan yang bisa menyingkirkan kolesterol jahat pemicu penyakit jantung.

Vitamin E juga membantu menetralisir radikal bebas untuk menjaga kesehatan otak dan sel membran dalam melawan peradangan dan pembengkakan.

4. Turunkan kolesterol

Kuaci mengandung senyawa pitosterol, yaitu senyawa tumbuhan yang memiliki struktur kimia sangat mirip dengan kolesterol. Di samping mampu mengurangi kadar kolesterol, senyawa pitosterol juga dapat menambah sistem imun atau kekebalan tubuh.

BACA JUGA :  Tips Jaga Tulang Belakang Tetap Kuat Hingga Tua Nanti

5. Obat penenang

Sebuah penelitian membuktikan, kandungan magnesium dalam kuaci menimbulkan efek rileks bagi orang yang mengonsumsinya. Itulah sebabnya mengonsumsi kuaci dapat menghindarkan diri dari stres dan migrain.

6. Mengurangi penyakit asam dan menurunkan risiko hipertensi

Kuaci mengandung magnesium yang membantu mengurangi penyakit asam dan menurunkan risiko serangan hipertensi atau darah tinggi. Magnesium dalam kuaci juga bermanfaat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

7. Pertumbuhan sel darah merah

Kuaci mengandung folat yang dapat membantu pertumbuhan sel-sel darah merah. Akibatnya metabolisme tubuh menjadi lebih baik dan menjaga kadar homosisten dan asam amino tubuh agar tetap dalam keadaan normal. (Zak/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *