Lampung Potensi Cuaca Ekstrem, Ahmad Bastian Minta Warga Waspada

Bagikan:

Lampung menjadi salah satu provinsi yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem. Anggota DPD RI daerah pemilihan (dapil) Lampung Ahmad Bastian SY mengimbau warga untuk waspada.

“BMKG hari ini merilis peringatan dini cuaca ekstrem di 30 provinsi, salah satunya adalah Lampung. Saya meminta kepada warga untuk waspada terhadap potensi bencana, terutama yang tinggal di daerah rawan,” ungkap Ahmad Bastian, Selasa (12/1/2021).

Bacaan Lainnya

Berdasarkan keterangan BMKG, Lampung masuk dalam daftar wilayah yang berpotensi hujan dengan intensitas lebat disertai angin kencang atau puting beliung dan kilat atau petir. Bastian meminta masyarakat Lampung untuk mengurangi aktivitas di luar rumah.

BACA JUGA :  NTP Januari 2021 Naik, Syahrul: Kementan Sudah Jalani Fungsi

“Saya mengimbau kepada sauradara-saudara warga Lampung untuk meningkatkan kewaspadaan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” tuturnya.

“Sebaiknya jangan banyak melakukan aktivitas di luar rumah apabila tidak terlalu penting. Kita harus mengantisipasi adanya potensi hal-hal di luar dugaan. Batasi perjalanan dan utamakan keselamatan,” imbuh Bastian.

Potensi cuaca ekstrem tersebut dipicu munculnya Sirkulasi Siklonik yang terpantau di Kalimantan Barat, di perairan selatan jawa Tengah, di Laut Jawa bagian timur, dan di Australia bagian utara. Kondisi ini lah yang meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik di daerah konvergensi (daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin).

Warga juga diminta untuk menjaga stamina. Bastian mengingatkan, potensi cuaca ekstrem kali ini berbeda karena dibarengi dengan kondisi pandemi virus Corona (Covid-19).

“Mengkonsumsi makanan yang sehat cukup penting dalam situasi seperti saat ini. Siapkan juga obat-obatan untuk berjaga-jaga,” kata anggota Komite I DPD RI itu.

BMKG memberi peringatan khusus kepada sejumlah daerah di Lampung. Potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang berada di wilayah Bandar Lampung, Lampung Selatan, Lampung Timur, Way Kanan, Lampung Utara dan Lampung Tengah.

“Saya kira Pemkab dan Pemkot perlu mewaspadai terjadinya bencana di daerah-daerah tersebut,” ujar Bastian.

BACA JUGA :  Senator Bastian Apresiasi Personel TNI/Polri di Lampung Bantu Penegakan Disiplin Prokes

Baik Pemprov dan Pemkab/Pemkot diharapkan sudah menyiapkan tindakan siaga dan tanggap bencana. Bastian menyebut, langkah antisipasi sangat dibutuhkan dalam menghadapi potensi cuaca ekstrem.

“Lebih baik Pemda melakukan langkah Preventif dalam penanggulangan bencana. Pemda juga perlu melakukan sosialisasi agar masyarakat teredukasi sehingga lebih waspada menghadapi bencana,” imbaunya.

“BPBD juga harus standby (bersiap) dan terus melakukan pemantauan. Kemudian berkoordinasi dengan instansi terkait agar bisa langsung bergerak cepat ketika ada peristiwa terjadi,” tambah Bastian. (ijs/elz).

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *