Lantik Menteri dan Wamen, Jokowi Isi Tiga Jabatan Wamen Baru

Bagikan:

Jakarta — Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik lima wakil menteri (wamen). Pelantikan dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/12/2020).

Pelantikan lima wamen bersamaan dengan pengukuhan jabatan enam menteri hasil perombakan kabinet. Pelantikan lima wamen tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 76/M Tahun 2020.

Dalam pelantikan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat tersebut, Jokowi memimpin pengambilan sumpah jabatan kepada lima wamen yang dilantik itu. “Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada UUD NRI 1945 serta akan menjalankan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab.” ucap Jokowi diikuti para wamen.

Adapun lima wamen yang dilantik Jokowi adalah: Pahala Mansury sebagai Wakil Menteri BUMN, menggantikan Budi Gunadi Sadikin yang diangkat menjadi Menteri Kesehatan; Letjen TNI Muhammad Herindra sebagai Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan), menggantikan Sakti Wahyu Trenggono yang diangkat menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan. Herindra sebelumnya menjabat sebagai Kasum TNI; Edward Omar Sharif Hiariej atau Eddy Hiariej sebagai Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham). Eddy Hiariej merupakan Guru Besar Ilmu Hukum Pidana di Universitas Gadjah Mada (UGM); Dante Saksono Harbuwono sebagai Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes). Dante merupakan dokter spesialis penyakit dalam; Harvick Hasnul Qolby Wakil Menteri Pertanian (Wamentan). Harvick merupakan Bendahara Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Pelantikan kelima wamen tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 76/M/2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Sementara, jabatan untuk Wakil Menteri Hukum dan HAM, Wakil Menteri Kesehatan, dan   Wakil Menteri Pertanian yang sebelumnya tidak ada posisi tersebut di nomenklatur kabiney, namun dalam pelantikan kali ini ketiga jabatan tersebut diisi oleh Presiden Jokowi.

BACA JUGA :  Disebut Panik Oleh Mahfud MD Saat Dipanggil Polisi Atas Kasus Kerumunan HRS, Ridwan Kamil: Saya tidak mungkin panik

(Nad/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *