Manfaat Beras Merah, Salah Satunya Mengobati Depresi

Penampakan beras merah. Foto: medium.com
Bagikan:

Jakarta – Beras merah biasa dijadikan alternatif pengganti karbohidrat bagi seseorang yang sedang menjalani program diet, atau bagi penderita diabetes. Beras merah dinilai lebih menyehatkan dari pada beras putih. Meskipun memiliki tekstur yang lebih padat dan rasa yang cenderung hambar, beras merah menyimpan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Secara umum, beras merah mengandung kaya serat, antioksidan, vitamin B, zat besi, kalsium, zink, selenium, dan magnesium. Selain itu, beras merah terkenal mengandung kalori yang rendah, kadar glikemik yang rendah, serta tidak mengandung lemak trans atau kolesterol. Hal ini otomatis sangat aman dikonsumsi serta meningkatkan kesehatan tubuh.

Bacaan Lainnya

Bagi penderita diabetes sangat disarankan untuk mengganti asupan karbohidratnya dengan beras merah. Diabetes disebabkan tubuh tidak dapat memproduksi hormone insulin yang cukup, sehingga kadar gula dalam darah meningkat. Beras merah mengandung tinggi serat serta asamfitat yang berfungi untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

Beras merah mengandung serat dan antioksidan yang tinggi. Kedua zat ini berfungsi untuk membersihkan plak yang terkumpul di arteri, serta melancarkan aliran darah keseluruh tubuh. Hal ini secara tidak langsung meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah serangan penyakit jantung. Kandungan Antioksidan yang tinggi juga sangat ampuh untuk mencegah penyebaran sel kanker dalam tubuh.

Menjalani program diet yang sehat, beras merah bisa jadi pilihan terbaik. Kandungan serat yang tinggi dalam beras merah dapat membatu mengatur sistem pencernaan, sehingga penyerapan nutrisi pun dapat lebih optimal. Sistem pencernaan yang sehat dapat menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit pencernaan seperti maag, kembung, dan sembelit.

BACA JUGA :  Tips! Memaksimalkan Pencegahan Penularan Covid-19

Kadar kolesterol tinggi dapat memicu penyakit diabetes, stroke, dan jantung. Beras merah mengandung asam gamma-aminobutyric (GABA) yang dikenal ampuh mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Bagi penderita kolesterol tinggi, beras merah bisa jadi solusinya.

Beras merah menjadi salah satu bahan makanan alami yang dipercaya mampu mengobati depresi. Beras merah mengandung asam amino esensial seperti glutamin, gliserin, dan asam gamma-aminobutyric yang mampu meningkatkan produksi serotonin di otak, sehingga mengurangi depresi hingga cemas berlebih.

Selain kaya serat dan antioksidan, beras merah mrengandung magnesium dan kalsium yang dipercaya mampu meningkatkan kesehatan tulang. Dengan mengkonsumsi beras merah setiap hari, Anda dapat terhindar dari gangguan pegal-pegal, nyeri sendi, hingga osteoporosis. (Zak/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *