Manfaat Rebung Bagi Kesehatan

Penampakan tunas bambu atau biasa disebut rebung. Foto: klikdokter.com
Bagikan:

Jakarta – Rebung sejatinya adalah tunas bambu muda yang muncul dari dalam tanah dan berasal dari akar bambu. Rebung tidak hanya lezat namun juga kayak nutrisi.

Secara umum rebun gmengandung vitamin A, B6, C, E, folat, niasin, riboflavin, tiamin, asam pantotenat, selenium, kalium, magnesium, natrium, kalsium, fosfor, seng, mangan, besi, dantembaga. Selain itu dalam 100 gram rebung mentah mengandung protein 2,6 persen, lemak 0,3 persen, karbohidrat 5,2 persen, dan air 91 persen.

Rebung termasuk sayuran rendah kalori, karbohidrat, gula tapi tinggi serat. Dalam 100 gram rebung mengandung 6-9 gram serat. Serat mampu menunjang kelancaran sistem pencernaan dan menjaga kondisi usus agar tetap sehat. Sayur rebung sangat cocok dikonsumsi ketika menjalani program diet.

Kandungan fitonutrien dan fitosterol dalam rebung dipercaya mampu menurunkan kadar lemak jahat dalam darah. Turunnya kadar lemak jahat dalam darah secara tidak langsung dapat menjaga kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

Beberapa penelitian menunjukan rebung mengandung pitosterol seperti flavon, amilase, dan klorofil. Klorofil menunjukan sifat mampu mengendalikan kanker. Selain itu kandungan zat alami fitokimia dalam rebung dipercaya mampu mencegah kanker dan mengurangi pengerasan pada arteri. Tidak berhenti disitu, kandungan lignan dalam rebung dapat melawan kanker, bakteri, jamur dan virus.

Kandungan vitamin, mineral serta antioksidan yang tinggi pada rebung sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu kandungan vitaminnya mampu mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas. (Zak/IJS)

Bagikan:
BACA JUGA :  Hati-hati, Tahu Berbalut Kaya Protein Tapi Tak Baik Bagi Kesehatan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *