Mayoritas DPR AS Setuju Pemakzulan Trump

Presiden Amerika Serikat, Doland Trump sumber: instagram
Bagikan:

Jakarta – DPR Amerika Serikat (AS) direncanakan akan melakukan pemungutan suara mengenai pelengseran Presiden AS, Donald Trump dari jabatannya, Selasa (12/1/21).

DPR AS yang mayoritas fraksi partai Demokrat menyerukan Wakil Presiden AS, Mike Pence dan para anggota kabinet Trump agar menggunakan Amandemen ke-25. Pihaknya memberi waaktu 24 jam bagi Pence untuk menanggapi hal tersebut.

Bacaan Lainnya

“Trump merupakan ancaman untuk konstitusi kita, negara kita dan rakyat Amerika. Dia harus disingkirkan dari jabatannya segera,” kata ketua DPR, Nancy Pelosi dalam sebuah pertaanyaan dilansir AFP, Rabu (13/1/21).

Namun hingga kini, Pence dan anggota kabinet lain belum memberikan tanggapan terkait hal itu.

Sebelumnya, Trump dan Pence bertemu di Gedung Putih pertama kalinya pasca kerusuhan penolakan kemenangan Joe Biden sebagai Presiden AS pada Senin (11/1/21).

Menurut seorang pejabat senior pemerintahan, kedua orang tersebut menegaskan, siapapun yang melanggar hukum dan menyerbu Gedung Capitol tidak mewakili gerakan America First yang didukung oleh 75 juta orang AS. Dan memastikan keduanya akan melanjutkan pekerjaan hingga masa jabatan berakhir.

Dilaporkan, sebanyak 218 anggota fraksi Demokrat dari total anggota DPR sebanyak 435 orang sudah menandatangani keputusan tersebut.

Namun, belum jelas apakah Senat akan menyatakan Trump bersalah dan mencopotnya dari jabatan Presiden AS.

Bagikan:
BACA JUGA :  Tiga Varian Baru Covid-19 Lebih Menular Hingga Kebal Vaksin

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *