Menag Sambangi Rabithah Alawiyah Minta Doa

Menag Yaqut dan Habib Zen di Kantor Rabithah Alawiyah
Menag Yaqut dan Habib Zen di Kantor Rabithah Alawiyah (Foto: Kemenag)
Bagikan:

Jakarta – Menteri Agama (Menag) yang baru dilantik, Yaqut Cholil Qoumas mendatangi Sekretariat Rabithah Alawiyah di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Senin (28/12/2020).

Selain meminta doa dari para habaib, Yaqut mengaku kunjungannnya ke Sekretariat Rabithah Alawiyah sebagai bentuk silaturrahmi menteri agama dengan para ulama, terutama kalangan ulama keturunan dari Nabi Muhammad Shallahu ‘alaihi wassalam.

Dia menyebut kedatangannya ke Rabithah Alawiyah sebagai bentuk silaturahmi dengan para keturunan nabi yang berada di Indonesia.

“Kita minta doa kepada para habaib supaya lancar. Hanya itu saja,” ucap Yaqut di Gedung Rabithah Alawiyah, Jakarta Selatan, Senin (28/12/2020).

Yaqut menolak disebut kedatangannya ke Sekretariat Rabithah Alawiyah tersebut dalam rangka mencari tau silsilah seseorang atau membahas isu-isu tertentu yang tengah berkembang saat ini, terutama terkait dengan Habib Rizieq Syihab (HRS).

“Tidak (membahas isu) hanya minta doa aja, minta doa aja. Silaturahim dan mohon doa aja,” jelasnya.

Kedatangan Menag Yaqut ke Kantor Pusat Rabhitah Alawiyah tersebut disambut Ketua Umum Rabithah Alawiyah, Habib Zen Umar Smith dan sejumlah pengurus Rabithah Alawiyah lainnya, yaitu Habib Achmad Umar, Husain Alatas, Habib Nabil, Ustaz Ali Albahar, Umar al-Hadad, dan Habib Ghazi Alaydrus.

“Maaf kami datang agak telat karena baru saja dipanggil oleh Presiden Jokowi di Istana. Tadi Bapak Presiden juga menitipkan salam kepada jajaran pengurus Rabithah Alawiyah dan seluruh anggotanya di Indonesia,” ujar Menag.

Di sana, selain memperkenalkan sebagai menteri agama yang baru, Yaqut juga menyampaikan rencana-rencana dan program-program Kementerian Agama.

Menag menilai, peran aktif Rabithah Alawiyah selama ini sangat membantu dalam semua kegiatan maupun program dari Kementerian Agama. Selain itu, Rabithah Alawiyah juga memberikan kontribusi besar bagi kemajuan bangsa. Untuk itu, Menag berharap peran positif tersebut bisa terus dilanjutkan bersama-sama pemerintah dalam rangka mewujudkan kehidupan yang adil dan makmur.

BACA JUGA :  Aceh Masuk Predikat Provinsi Termiskin di Sumatera

Sementara itu, Ketua Umum Rabithah Alawiyah, Habib Zen Umar, bersyukur atas kedatangan Menag Yaqut di kantornya. Habib Zen menyebut Yaqut Cholil Qoumas adalah Menag pertama yang berkunjung ke kantor Rabithah Alawiyah. Ia lantas mendoakan dan mendukung Menag Yaqut agar bisa mengemban kepercayaan dari Presiden Jokowi dengan baik.

“Kami sangat terbuka, dan organisasi ini sebenarnya diisi oleh beragam profesi dari ustaz, dai, profesional, intelektual hingga pebisnis,” ucap Habib Zen.

Rabithah Alawiyah adalah lembaga yang menghimpun para keturunan Nabi Muhammad Shallahu ‘alaihi wassalam, dan menyimpan catatan silsilah (nasab) dari keturunan Nabi Muhammad ada di Indonesia. Terutama mereka yang memiliki asal-usul keturunan dari wilayah Tarim , Yaman, serta wilayah-wilayah lain di Timur Tengah. Selain itu, Rabithah Alawiyah juga berkembang sebagai lembaga yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan.

(Nad/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *