Meniup Makanan dan Minuman Panas Ternyata Berbahaya

Ilustrasi meniup makanan panas. Foto; yukk.co.id
Bagikan:

Jakarta – Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan banyak orang adalah meniup makanan dan minuman yang masih panas. Tujuannya agar makanan cepat dingin dan bisa segera disantap. Namun siapa sangka ternyata cara ini justru membuat makanan berbahaya bisa dikonsumsi.

Ahli gizi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin,Pramono, menjelaskan meniup makanan dan minuman akan memberikan peluang transfer virus atau bakteri dari mulut ke santapan yang akan dikonsumsi. Beberapa virus tersebut seperti influenza, TBC, bahkan hepatitis. Virus atau bakteri biasanya berkumpul pada sisa makanan di mulut yang tidak dibersihkan dengan baik.

Meniup makanan yang mengandung kalsium oksida seperti makanan kaleng mengakibatkan batu ginjal. Kalsium oksida akan bereaksi dengan karbondioksida membentuk batu kapur (CaCO3). Endapan kapur ini apabila berlebihan menimbulkan batu ginjal.

Ketika meniup makanan, mulut kita akan mengeluarkan air (H2O) dan karbondioksida (CO2) yang mana kedua senyawa ini bereaksi membentuk senyawa asam karbonat. Senyawa asam ini mampu mempengaruhi kadar pH dalam darah sehingga memicu penyakit jantung.

Melihat fakta-fakta tersebut, lebih baik menunggu hidangan menjadi lebih dingin sebelum dikonsumsi. (Zak/IJS)

Bagikan:
BACA JUGA :  Waspada, Anemia juga Serang Remaja, Berikut Gejala dan Penyebabnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *