Menlu China Akan Kunjungan ke Indonesia Pekan Ini

Menlu RI, Retno LP Marsudi dengan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi sumber: Kemenlu RI
Bagikan:

Jakarta – Menteri Luar Negeri (Menlu) China,Wang Yi direncanakan akan melakukan kunjungan kerja ke Indonesia, Myanmar, Brunei Darussalam dan Fillipina pada 11 hingga 16 Januari 2021.

“Wang akan memulai kunjungan tersebut dimulai dari Myanmar untuk memenuhi undangan Aung San Suu Kyl pada Senin (11/1/21),” kata Juru bicara Kementerian Luar Negeri China,  Hua Chunying dilansir ANTARA Beijing (11/1/21).

Dilanjutkan ke Indonesia atas undangan Menlu RI, Retno LP Marsudi. Selain Menlu RI, Wang juga dikabarkan bertemu dengan Presiden Joko Widaodo dan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan.

Setelah Indonesia, Wang akan melanjutkan kunjungannya ke Brunei Darussakamm dan Fillipina.

Sebelumnya, Menlu Wang melakukan kunjungan kehormatan ke sejumlah negara di Afrika.

Dikabarkan Wang Yi sebelumnya berencana mengunjungi Indonesia menjelang peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-China pada April 2020. Namun perjalan tersebut dibatalkan karena pandemi Covid-19.

Pada Oktober 2020, Menlu Wang dan Luhut bertemu pada kunjungan resmi ke Yunan, Tiongkok.

Dikutip dari rilis resmi Kemenkomarves, dalam kunjungan tersebut, keduanya menggarisbawahi pentingnya kedua negara bersinergi lebih erat dalam tatanan bilateral, regional dan multilateral saat pendemi Covid-19.

Oleh sebab itu, perdagangan dan investasi, kesehatan, pendidikan dan riset, vaksin, e-commerce, intelegensi artifisial (kecerdasan buatan), serta pertukaran budaya dan masyarakat menjadi topik bahasan utama kedua negara.

(ANS/IJS)

Bagikan:
BACA JUGA :  Ledakan Besar di Nigeria, 70 Orang Dinyatakan Tewas

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *