Mensos Salurkan Bantuan Sebesar Rp1,7 Miliar untuk Gempa di Sulbar, Berikut Rinciannya!

Kemensos RI Kirim Bantuan 1,7 Miliar Rupiah ke wilayah bencana gempa di Sulawesi Barat
Kemensos RI Kirim Bantuan 1,7 Miliar Rupiah ke wilayah bencana gempa di Sulawesi Barat (Foto: Humas Kemensos)
Bagikan:

Majene – Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini menyalurkan bantuan sebesar Rp 1,7 milyar rupiah untuk korban gempa di Sulawesi Barat.

Bantuan tersebut dikirim melalui pesawat herkules milik TNI AU dari Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta, Jumat (15/1/2021).

Bacaan Lainnya

M Safii Nasution, Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam langsung mengawal bantuan tersebut dan ikut menaiki pesawat herkules. Sebelumnya, Risma bersama Kepala BNPB terlebih dahulu mendatangi Sulawesi Barat atas perintah Presiden Joko Widodo.

Ia mejelaskan, bantuan tersebut terdiri dari logistik tanggap darurat pusat sebesar Rp979.819.710, bantuan logistik gudang regional timur senilai Rp621.911.700 dan bantuan santunan ahli waris bagi delapan korban yang telah teridentifikasi sebesar 120 juta rupiah untuk masing – masing ahli waris senilai 15 juta rupiah. Tidak hanya itu, seluruh ahli waris korban bencana meninggal dunia akan diberikan santunan dengan nilai yang sama.

Pemerintah pusat melalui Kemensos akan memberikan bantuan seperti makanan anak, makanan siap saji, peraltan keluarga, tenda gulung, tenda serbaguna dan beberapa kebutuhan lainnya,” ujar Safii saat berada di Sulawesi Barat.

Saffi menambahkan, rincian bantuan daro Kemensos diantaranya, makanan siap saji 2500 paket, makanan anak 1200 paket, tenda gulung 500 lembar, matras 1000 lembar, selimut 700 lembar, peralatan dapur 200 paket, tenda serbaguna 10 unit, Kids ware 500 paket, Ford ware 500 paket, velbed 40 unit, kasur 370 buah, sandang 30 paket, perlengkapan Tagana 20 paket.

Tri Rismaharini, Menteri Sosial mengatakan, jika bantuan logistik tersebut berasal dari gudang di Mamuju dan dikirim dari gudang regional di Makassar, Sulawesi Selatan, pada Jumat pagi (15/1/2021)

BACA JUGA :  Beredar Pesan Berantai Pemakzulan Jokowi, Begini Tanggapan BEM-SI

“Kami sangat berupaya untuk memberikan bantuan secepatnya untuk warga yang terdampak gempa di Mamuju dan Majene,” kata Risma saat siaran pers.

Tidak hanya itu, mantan Wali Kota Surabaya ini juga telah memerintahkan jajarannya untuk mengirimkan personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) wilayah sekitar, dan Tim Layanan Dukungan Psikososial (LDP) ke lokasi bencana.

Risma mengungkapkan, sebagai bentuk pertolongan pertama, tim Tagana setempat telah melakukan evakuasi bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat dan TNI-Polri.

Adapun bantuan dari Kemensos yang dikirim diantaranya matras, tenda, perlengkapan anak, perlengkapan lansia, makanan siap saji, dan lainnya.

Bantuan logistik tersebut telah dikirimkan secara bertahap mulai Jumat pagi (15/1/2021).

“Semua logistik di gudang Sulbar dikeluarkan untuk membantu masyarakat. Dapur umum akan didirikan di titik pengungsian,” kata dia.

“Bantuan logistik yang ada di gudang Sulawesi Barat, semuanya dikeluarkan untuk warga yang terdampak gempa. Dapur umum untuk warga pengungsi akan segera didirikan,” ujarnya.

(FWI/IJS)

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *