Merapi Kembali Erupsi, GKR Hemas: Keselamatan Warga Paling Utama

Wakil Ketua Badan Kehormatan DPD RI Gusti Kanjeng Ratu Hemas / Tribunnews
Bagikan:

Gunung Merapi kembali erupsi dengan mengeluarkan lava pijar. Wakil Ketua Badan Kehormatan DPD RI Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas pun mengatakan keselamatan warga di sekitar lereng merapi merupakan prioritas utama.

“Hal yang paling utama adalah keselamatan warga di sekitar lereng Gunung Merapi,” ujar GKR Hemas, Rabu (5/1/2021).

Gunung Merapi berstatus siaga (level III) sejak November 2020. Merapi pun beberapa kali mengeluarkan lava pijar, dan terakhir lava pijar yang cukup besar keluar pada Selasa (4/1) kemarin malam.

GKR Hemas pun meminta semua pihak untuk bergandeng tangan mengantisipasi dampak dari aktivitas Merapi. Menurutnya, pemda bersama dengan BNPB Daerah harus terus melakukan koordinasi untuk menyiapkan bantuan kepada warga terdampak.

BACA JUGA :  Kasad Andika Beri Penghargaan kepada Prajurit Pindah Tugas di Kampung Halaman

“Kita harus memastikan warga selamat dan terlindungi. Antisipasi disiapkan sedetil mungkin agar semua aman,” sebut GKR Hemas.

Menurut senator asal Dapil Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini, kebutuhan bagi warga yang mengungsi harus memperhatikan protokol kesehatan. Hal ini, kata GKR Hemas, mengingat masih adanya pandemi virus Corona (Covid-19).

“Diharapkan agar pemerintah pusat juga memberi perhatian. Apalagi aktivitas Merapi saat ini terjadi bersamaan dengan Pandemi Corona,” ungkapnya.

GKR Hemas mengatakan, persiapan masker dan bantuan makanan mutlak harus tersedia bagi warga yang mengungsi. Selain itu, perlu ada persedian kebutuhan bagi perempuan, manula, dan balita.

“Pengungsian juga harus menerapkan protokol kesehatan (prokes) sehingga tidak terjadi penyebaran virus Corona. Sarana dan prasarana cuci tangan serta hand sanitizer juga harus tersedia di lokasi pengungsian,” sebut Hemas.

Ratu Keraton Yogyakarta ini pun meminta masyarakat untuk tidak mendekati Gunung Merapi, mengingat potensi radius bahaya ada di 5 kilometer dari puncak Merapi. Hemas juga meminta bagi warga di sekitar lereng Merapi untuk tidak dulu pulang ke rumah dan tetap berada di pengungsian hingga keadaan sudah aman kembali.

BACA JUGA :  Ajak WNA Tinggal di Bali, Kristen Gray Dicibir Warganet

“Warga juga jangan ngeyel. Tetap berada di pengungsian selama Merapi masih mengeluarkan aktivitas. Kita semua harus sama-sama saling menjaga dan mengingatkan. Keselamatan tetap yang utama,” tegas istri Sultan Hamengkubuwana X tersebut.

GKR Hemas memastikan para senator dari Dapil DIY dan Jawa Tengah berkoordinasi dengan pemda dan pihak-pihak terkait untuk memastikan keselamatan warga. Para senator juga akan memastikan warga yang terdampak aktivitas Merapi tetap nyaman berada di pengungsian.

“Para senator ikut memonitor bersama Pemda dan BNPD Daerah, serta instansi terkait lainnya agar masyarakat di sekitar Merapi tetap aman. Kami juga meminta agar warga yang mengungsi mendapat pendampingan dari psikolog,” ungkap GKR Hemas.

Selain GKR Hemas, senator dari Dapil DIY lainnya adalah Hilmy Muhammad, Afnan Hadikusumo, dan Cholid Mahmud. Sementara itu senator dari Dapil Jateng adalah Denty Eko Widi Pratiwi, Casytha A Kathmandu, Bambang Sutrisno, dan Abdul Kholik.

Bagikan:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *